Pengertian Mangekyou Sharingan dan Macam Kemampuannya

Mangekyou Sharingan adalah tingkatan lanjut dari Mata Sharingan milik klan Uchiha. Bagi pemilik Sharingan pada anggota klan Uchiha yang telah mencapai tingkat ke 3 (Sharingan Tomoe 3) berpotensi untuk membangkitkan kemampuan tingkat lanjut dari Sharingan ini, namun entah apakah “semua” bisa membangkitkannya atau tidak.

Mangekyou Sharingan

Mangekyou Sharingan ini memiliki kemampuan diatas tingkatan 3 Sharingan Tomoe, bentuk dari Mangekyou Sharingan ini juga berbeda beda setiap orang yang membangkitkannya dan juga memiliki kemampuan tersendiri dari setiap orang yang membangkitkannya. Seperti halnya Itachi Uchiha yang memiliki Mangekyou Sharingan dengan kemampuan “Amaterasu” dan Tsukuyomi” ataupun Hatake Kakashi yang memiliki kekuatan Mangekyou “Kamui”.

Seiring dengan kekuatan dan kemampuan yang hebat dari Mangekyou Sharingan ini ternyata banyak sekali kekurangan yang membuat pengguna Mangekyou Sharingan ini perlu berfikir untuk menggunakannya, seperti penggunaan Chakra yang terbilang besar serta resiko kebutaan setelah menggunakannya terlalu banyak, Itachi Uchiha dan Sasuke Uchiha yang menggunakan Mangekyou Sharingan pandangan matanya pun menjadi buram serta Hatake Kakashi yang pernah masuk ke rumah sakit karena kehabisan Chakra karena penggunaan Mangekyou Sharingan.

Uchiha Itachi

Syarat untuk membangkitkan Mangekyou ini juga terbilang bukan hal mudah, Itachi Uchiha pernah bilang kepada Sasuke bahwa untuk membangkitkan Mangekyou Sharingan dia harus membunuh teman baiknya. Namun apakah syarat itu benar benar sungguhan atau tidak belum tahu karena nyatanya Itachi tidak membunuh teman baiknya tetapi hanya melihat teman baiknya (Shisui Uchiha) mati.

Pemilik Mangekyou Sharingan ini diketahui ada beberapa orang termasuk dari anggota Uchiha atau bukan, setiap penggunanya memiliki kemampuan yang berbeda.

Mangekyou Itachi Uchiha

Mangekyou Uchiha Itachi

Itachi Uchiha diketahui adalah orang yang pertama kali menampilkan Mangekyou Sharingan di Naruto ini setelah membantai (membunuh) seluruh anggota klan Uchiha. Mangekyou Sharingan dari Itachi membentuk seperti baling baling kipas dan memiliki kemampuan berbeda setiap matanya yaitu sebelah kanan dari matanya bisa mengeluarkan Api Hitam (Amaterasu) yang tidak bisa padam sebelum targetnya habis dan dari mata sebelah kiri bisa menggunakan genjutsu terkuat Tsukuyomi.

Mangekyou Hatake Kakashi

Mangekyou Hatake Kakashi

Hatake Kakashi yang memiliki 1 mata Sharingan bisa membangkitkan Mangekyou Sharingannya walaupun bukan berasal dari anggota klan Uchiha. Kemampuan Mangekyou Sharingannya adalah dapat membuat lubang hitam yang menghisap dan memindahkan benda yang ditargetkan ke dimensi lain.

Mangekyou Obito Uchiha

Mangekyou Uchiha Obito

Mata Sharingan Obito walaupun adalah mata yang sama seperti Kakashi namun kemampuannya sedikit berbeda, mungkin disebabkan oleh tubuh yang berbeda. Walaupun Mangekyou Obito memiliki kemampuan yang hampir sama dengan Kakashi tetapi Obito bisa melebihi kemampuan Kakashi yang hanya bisa memindahkan benda, jika Obito bisa memindahkan tubuhnya juga dan bisa berpindah tempat (Jikukan Ninjutsu “Teleport”) dengan Mangekyounya.

Mangekyou Sasuke Uchiha

Mangekyou Uchiha Sasuke

Uchiha Sasuke diketahui merupakan Uchiha terakhir di Naruto yang membangkitkan Mangekyou Sharingan, karena memang keturunan terakhir klan Uchiha. Mangekyou Sharingan Sasuke bangkit setelah berhasil mengalahkan kakaknya Itachi dan membunuhnya. Kemampuan dari Mangekyou Sasuke Mengeluarkan dan Mematikan Api Hitam (Amaterasu) karna sebelumnya belum ada yang bisa mematikan secara paksa Api Hitam ini.

Mangekyou Shisui Uchiha

Mangekyou Uchiha Shisui

Mangekyou Shisui Uchia dikatakan merupakan Mangekyou dengan kemampuan Genjutsu terkuat. Dengan Genjutsu dari Mangekyou Shisui dapat membuat orang (target) memasuki Genjutsu yang membuatnya seolah diperintah secara mutlak untuk mengikuti perintah dari Shisui.

Mangekyou Madara Uchiha

Mangekyou Uchiha Madara

Madara Uchiha yang merupakan pemimpin dari klan Uchiha adalah yang pertama kali membangkitkan Mangekyou Sharingan. Namun kemampuan dari Mangekyounya belum jelas secara rinci.

Mangekyou ini sebenarnya masih dalam tahap tingkatan Sharingan namun bukan tahapan melainkan perkembangan dari Sharingan. Masih ada perkembangan selanjutnya dari Mangekyou Sharingan ini yang akan dibahas di posting selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.