5 Film Kungfu Legenda Terbaik yang Masih Jadi Favorit sampai Sekarang

Suka dengan film Kungfu? Film Kungfu sering kali tayang di TV Indonesia dan para penontonnya pun biasanya sangat menyukai film Kungfu tersebut termasuk saya. Film Kungfu yang tayang di TV biasanya dibuat oleh Negara china dimana masih berlatar waktu yang lampau dan belum modern, namun tidak menghilangkan sama sekali keseruan dari Film Kungfu tersebut. Dibawah ini adalah beberapa Film Kungfu lama yang melegenda dan masih menjadi favorit.

1. Fearless (2006)

Fearless

Menggunakan latar waktu yang lampau, dan diperankan oleh Jet Lee, mampu memberikan impressi yang menarik untuk film ini. Film ini sendiri menceritakan kisah hidup Yuan Cia, yang mencari jati diri kungfu pada dirinya. Mempunyai ambisi yang besar untuk menjadi kungfu no 1 pada masanya mengalahkan banyak lawan dan berbagai turnamen. Hingga akhirnya dipertemukan dengan satu pertarungan bersama musuh bubuyutan saat ia masih yang kecil, yang sempat membullynya. Ia menang tapi menewaskan musuhnya. Hingga menjadi depresi, msngasingkan diri, hingga ditemukan oleh pendudukan di desa lain, akhirnya yuan cia menang di turnamen besar melawan 4 petarung hebat dari 4 negara. Huo Yuan-Jia Dilahirkan di  keluarga petarung, ayahnya Huo En-di (Collin Chou). Sayang ayah nya tak mengijinkan nya belajar kungfu karena tahu bahaa fisik Fisik Huo Yuan-Jia sering lemah dan Sakit-sakitan. Tapi hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk mempelajari kungfu, bersama temannya, Huo Yuan-Jia kecil mempelajari kungfu dibantu temannya.

2. Once Upon a Time in China (1991)

Once Upon a Time in China

Film ini memiliki latar waktu dimana sejarah pada masa pembentukan China pada  masa lenjajahan dimana bangsa asing berusaha untuk menjarah dan menduduki wilayah China. Film ini diperankan oleh Wong Fei Kong. Film ini sendiri dibagi menjadi 3 part, Once Upon a Time in China 1, 2 dan 3. Fim ini merupakan kungfu konfensional tanpa efek CGI yang banyak ditemui saat ini. Film ini menarik untuk disimak buat Kamu yang menyukai film kungfu kolosal yang Benar-benar bernuansa Chinese tanpa efek modern film.  Film yang berasal dari Hong Kong ini dirilis pada tahun 1991 dan disutradarai oleh Tsui Hark menarik untuk disimak.  Once Upon a Time in China mengisahkan Wong Fei-hung yang berusaha  menentang pemerintahan asing yang masuk ke China  seperti Inggris, Perancis dan Amerika guna menghindark penjajahan dan penjarahan  negeri China saat itu.

3. Drunken Master (1978)

Drunken Master

Beralih lagi pada masa waktu yang sedikit mundur, ada film berjudul Drunken Master yang diperankan oleh aktor utama Jackie Chan, sebagai Wong Feui Hung, Yuen Siu Tien sebagai Beggar So, dan Hwang Jang Lee sebagai Yim Tit Sam. Film ini merupakan film kungfu yang berasal dari Hong Kong. Wong Feui Hung sendiri merupakan tokoh masyarakat dalam dinasti Tiongkok, di akhir masa Dinasti Qing. Wong Fei Hung sendiri ahli bela diri dan juga seorang tabib. Wong Fei Hung sendiri sering mengganggu  orang dan melakukan perkelahian. Ayah nya mengirimnya ke sekolah bela diri untuk berguru kepada Beggar So, atau dikenal juga dengan nama So Hua Chi yang dikenal   tegas dan memiliki disiplin tinggi. Sering kabur dan membuat pertengkaranakhirnya setelah bertarung dengan Tit Sam, Fei Hung kembali memantapkan diri belajar pada Hua Chi. Fei Hung mempelajari berbagai teknik bela diri dari sang guru Hua Chi, yang dikenal dengan gaya Dewa Mabuk na yang memiliki delapan teknik rahasia yaitu  The Eight Drunken Immortals.

4. IP Man

IP Man

Film “Ip Man” menceritakan kisah seorang Ahli Beladiri Wing Chun yaitu IP Man (Donnie Yen) dari Foshan-China, dengan setting tahun 1930an. Mengisahkan bagaimana penjajahan jepang saat itu dan bagaimana IP Man menolak mengajarkan Wing Chun pada tentara Jepang. IP Man merupakan golongan orang kaya yang cukup disegani saat itu. Film IP Man sendiri diadaptasi dari kisah nyata master Wing Chun. Saat itu shan merupakan kota yang terkenal akan banyaknya perguruan bela diri di China, IP Man tetap tidak tertarik menerima murid. Awalnya IP Man hidup bahagia bersama istri dan anaknya. Lalu kehidupan disana berubah  pada tahun 1937, China dijajah oleh Jepang. Nasib IP Man dan keluarganya berubah total, ia menjadi buruh tambang karena rumahnya dijadikan markas tentara Jepang. Berbagai ketidakadilan tentara Jepang saat itu pada rakyatnya menjadikan Ia turun tangan mengalahkan sebagian ahli bela diri Jepang lewat tantangan yang diberikan seorang jendral Miura (Hiroyuki Ikeuchi), yang pada akhir cerita IP Man berhasil menumbangkan jendral Miura pada saat pertarungan duel yang diselenggarakan oleh sang jendral dihadapan rakyat Jepang dan China. Koreografi dan efek film ini sendiri cukup memukau untuk disimak, meski tidak menggunakan teknologi modern CGI yang serupa dengan film saat ini, berbagai efek film yang ditawarkan sudah cukup menarik untuk ditonton. Berbagai ketegangan, dan alur cerita yang ada sangat menarik untuk disimak.

Daftar Film Ip Man :

  • Ip Man (2008)
  • Ip Man (2010)
  • Ip Man (2015)

5. The Shaolin Temple (1982)

The Shaolin Temple

Film dari Hong Kong ini disutradai oleh Chang Hsin-yen dengan aktor utama. Film ini menggambarkan kungfu dan shaolin di biara Shaolin China. Latar waktu yang digunakan adalah pada periode transisi antara Dinasti Sui dan Dinasti Tang. Film ini bercerita tentang penjagaan kuil shaolin pengrusakan dan penghancurkan beserta pencurian kitab yang ada. Banyak scene menarik yang bisa dilihat di film ini.

Mana diantara film Kungfu diatas yang menjadi Film Kungfu Favorit kalian? Hmm pastinya sering nonton di TV kan dari pada nonton Sinetron alay zaman sekarang? hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.