5 Sutradara Besar Hollywood Berdarah Yahudi

Tanpa bermaksud mengulas hal yang berbau sedikit SARA, tak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan Hollywood sebagai pusat dan rujukan film dunia tak lepas dari segelintir orang dengan latar belakang sama. Ya, sebagian sutradara besar Hollywood memang berdarah Yahudi, alias keturunan Yahudi. Mereka bukan sembarang sutradara, melainkan para pemenang Academy Award dan Golden Globe yang berhasil menciptakan dan menyajikan keajaiban ketika mereka ada di belakang kamera. Di sepanjang untaian sejarah film bergerak, para sutradara Yahudi berhasil mendominasi kategori sutradara terbaik – dan banyak pihak menilai mereka sebagai para sutradara terbaik sepanjang masa.

Bagi mereka yang namanya tercantum dalam daftar di bawah ini – seperti Steven Spielberg dan Eli Roth – ada sekumpulan sutradara yang pengaruhnya atas dunia pembuatan film dan penciptaan budaya pop tak dapat disepelekan begitu saja. Mungkin, dari semua nama yang ada, satu-satunya sutradara Yahudi yang paling dikenal dan berpengaruh adalah Cecil B. DeMille. Sosoknya berada di puncak tatkala Hollywood tengah berada dalam masa awal pendirian, dan menyumbangkan karya ternama seperti Cleopatra; Samson and Delilah; The Greatest Show on Earth, yang memenangkan penghargaan Academy Award untuk kategori Best Picture; dan The Ten Commandments.

Kepiawaian sutradara berdarah Yahudi tidak hanya terletak pada film-film ‘serius’ saja; mereka juga sanggup membuat film komedi yang sangat lucu. Banyak juga di antara mereka yang dikenal berkat kreatifitasnya dalam menciptakan komedi situasi dengan berbagai seluk-beluknya sehingga film yang dihasilkan menarik dan menghibur serta tidak membosankan. Para penggemar film komedi tentu mengerti betul nama-nama seperti Carl Reiner, Joel Coen, dan Harold Ramis. Mereka punya satu kesamaan; yakni berdarah Yahudi. Karya mereka melampaui beberapa generasi dan mempengaruhi komedian terkini sekalipun.

Ada banyak sutradara berdarah Yahudi ternama dan terhormat. Saking banyaknya, tak mungkin menyebut semuanya. Jadi, daftar berikut disusun tidak dengan mengabaikan peran dan ketenaran yang lain.

1. Alan J. Pakula

Jika Anda pernah menonton The Pelican Brief yang dirilis tahun 1993, tentu nama Alan J. Pakula tak asing. Film inilah yang membesarkan nama Denzel Washington setelah ia membintangi film Malcolm X setahun sebelumnya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Alan J. Pakula tak hanya piawai menghantarkan film penuh intrik dan plot menarik, tapi juga memperlihatkan pada penikmat dunia film akan para calon bintang besar yang aktingnya patut diacungi jempol. Film-film seperti To Kil a Mockingbird, Sophie’s Choice dan All the President’s Men lahir berkat tangan dingin Alan J. Pakula.

2. Steven Spielberg

Dari sederetan nama besar di kancah perfilman dunia, tidak ada sutradara yang memiliki daya imajinasi seliar Steven Spielberg. Secara khusus ia menyatakan bahwa semua film berbau fantasi dan horor – termasuk yang menyangkut keberadaan alien maupun monster – sepenuhnya lahir dari imajinasinya saat merenung di tengah keheningan malam. Pria yang berasal dari keluarga Yahudi Ortodoks ini memiliki perjalanan hidup yang unik. Di luar kesuksesannya sebagai sutradara film, Steven Spielberg di kala muda harus pindah ke kampus lain karena ketika berada di jurusan film di University of Southern California rata-rata nilainya adalah C. Menurut pandangan orang awam, Steven Spielberg tentu akan gagal dalam karir. Namun, semuanya berubah setelah ia mendapat posisi magang di Universal Studios, dimana ia bereksperimen dengan film 35 mm dengan durasi 26 menit.

3. Nancy Meyers

Masih ingat film What Women Want yang dibintangi Mel Gibson dan Helen Hunt? Film komedi romantis tersebut lahir dari tangan dingin Nancy Meyers yang notabene juga berdarah Yahudi. Sejumlah kalangan menilai wanita kelahiran 8 Desember 1949 ini memiliki posisi krusial dalam perkembangan film Hollywood. Hampir semua film besutannya berhasil meraup keuntungan besar di pasar. Tak hanya itu, sebagian di antaranya berhasil memenangkan penghargaan. Filmnya yang berjudul It’s Complicated, misalnya, memangnkan 2 penghargaan Golden Globe untuk kategori Best Motion Picture dan Best Screenplay.

4. Eli Roth

Sekilas orang mungkin sulit menerima fakta bahwa sosok Eli Roth punya posisi dan masa depan gemilang sebagai sutradara ternama Hollywood. Pria berdarah Yahudi kelahiran 18 April 1972 ini memang tergolong masih muda untuk mendapat predikat seperti itu. Maklum, publik berpendapat bahwa kemampuannya belum sepenuhnya terbukti karena Eli Roth memang lebih banyak menghasilkan film ber-genre horor seperti Hostel dan sekuelnya yang berjudul Hostel: Part II. Filmnya yang dibintangi Keanu Reeves, yang berjudul Knock Knock, pun masih bernuansa horor meski dibalut penampilan erotis dua gadis antagonis dalam film tersebut. Kabar menyatakan Eli Roth bakal menggarap genre baru yang akan dirilis tahun depan dengan Bruce Willis sebagai salah satu aktor utamanya.

5. Cecil B. DeMille

Andaikata Cecil B. DeMille tidak ada, mungkin perjalanan film Amerika Serikat akan berbeda jauh dari saat ini. Ia termasuk orang Amerika Serikat pertama yang aktif membuat film bisu dan film bersuara; sekitar 70 film antara 1914 dan 1958. Publik dan sejarah Amerika mencatat nama Cecil B. DeMille sebagai bapak pendiri perfilman Amerika dan merupakan produser sekaligus sutradara film komersil paling sukses sepanjang sejarah. ***

Komentar disini!

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.