6 Film Perang Legendaris yang Berasal dari Kisah Nyata

Ketika suatu peristiwa bersejarah diabadikan ke dalam sebuah film, terkadang ada unsur yang hilang. Itu tak lain adalah kealamian kejadian itu sendiri. Hal ini membuat banyak penggemar film yang menonton tayangan yang diambil dari kisah nyata. Terlebih lagi jika film yang ditawarkan sarat akan muatan politis; kaya akan propaganda untuk memenangkan emosi pihak tertentu.

Memang dibutuhkan obyektivitas saat menonton film yang diambil dari kisah nyata. Jika tidak demikian, maka yang tersisa hanyalah persepsi yang keliru akan jalannya suatu peristiwa di panggung sejarah. Bagaimanapun juga, film layar lebar tetaplah tayangan yang sifatnya hiburan; selalu ada unsur dramatisasi atas suatu kejadian. Meski demikian, ada sejumlah produk insan perfilman Hollywood yang ber-genre perang dan aksi militer yang cukup obyektif dan berani menunjukkan jati diri politik Paman Sam. Daftar film berikut adalah contohnya.

1. Black Hawk Down

Film yang mendapat penghargaan Oscar untuk kategori Suara Terbaik ini menceritakan kisah pahit kekalahan pasukan marinir Amerika Serikat saat melawan milisi di Mogadishu, Somalia. Black Hawk Down disutradarai oleh Ridley Scott dan dipenuhi bintang-bintang pria ternama Hollywood mulai dari Eric Bana hingga Tom Sizemore dan Josh Hartnett. Kisah aksi militer yang menegangkan dan mengharukan dalam film ini dimulai saat sebuah helikopter jenis Black Hawk terjatuh karena tembakan senjata peluncur granat milisi Somalia. Apa yang tampak seperti hal sepele ini ternyata berubah menjadi petaka yang memakan banyak korban di pasukan marinir AS sendiri. Situasi menjadi kian sulit, terlebih setelah Black Hawk kedua jatuh dan pilotnya disandera. Peristiwa tragis ini menjadi pelajaran penting bagi AS untuk lebih berhati-hati, terutama saat menghadapi perang kota. Meski pasukan AS berhasil menangkap orang dekat Mohamed Farah Aidid, mereka harus membayar mahal dalam bentuk tewasnya rekan dan sahabat mereka.

2. We were Soldiers

Film yang dirilis tahun 2002 ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang tertuang dalam sebuah buku yang mengulas kepentingan Amerika Serikat di Vietnam di tahun 70-an. We were Soldiers merupakan film drama di tengah kecamuk konflik militer yang didorong oleh kepentingan Amerika untuk menghalau komunisme di Asia Tenggara. Bagi Anda yang suka akan nilai kesetiakawanan, loyalitas antar sesama, serta heroisme, maka We were Soldiers merupakan tontonan yang pas.

3. The Enemy at the Gates

Satu lagi film perang yang diambil dari kisah nyata seorang penembak jitu Uni Soviet di masa Perang Dunia II. Grigoryevich Zaytsev (Jude Law) adalah seorang tentara biasa. Namun, karir militernya dan bintangnya terus meroket setelah atasannya mengetahui bakat terpendamnya sebagai seorang penembak jitu. Berlatar belakang pertempuran di Stalingrad yang berlangsung lebih dari 5 bulan antara Soviet melawan Nazi Jerman, Grigoryevich berhasil membunuh 225 tentara Nazi berbekal keterampilannya menembak dari jarak jauh. The Enemy at the Gates diwarnai pula oleh kisah cinta sesaat antara Grigoryevich dengan Tania Chernova.

4. 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi

Film yang baru dirilis pada 15 Januari 2016 ini mengisahkan tentang penyerangan terhadap konsulat Amerika Serikat di Benghazi, Libya, oleh para militan Islam. 13 Hours diambil dari kisah nyata peperangan singkat yang menewaskan Duta Besar Amerika Serikat J. Christopher Stevens dan seorang pegawai Kementrian Luar Negeri yang bertugas di sana, yakni Sean Smith pada 11 September 2012. Para militan hanya bermodal kenekatan dan senjata ala kadarnya, dan berhasil menumbangkan konsulat dan kantor pengawas keamanan AS di Benghazi. Pertempuran ini memakan banyak korban di pihak Amerika Serikat. Berbeda dengan film berdasarkan kisah nyata lainnya, kali ini Hollywood bersikap realistis dengan menampilkan sosok Amerika Serikat yang sesungguhnya dengan mengurai dasar kepentingan Paman Sam berada di negeri itu.

5. Valkyrie

Penyuka sejarah, terutama seputar Perang Dunia II, tentu tidak akan mau mengabaikan Valkyrie begitu saja. Film ini mengisahkan seputar rencana pembunuhan Adolf Hitler pada Juli 1944 oleh anak buahnya. Apa yang di kemudian hari terungkap sebagai Operasi Valkyrie pada dasarnya merupakan upaya bersama para perwira Hitler untuk membunuhnya sekaligus menggulingkan pemerintahan Third Reich. Salah satu pendorong operasi ini adalah Kolonel Claus von Stauffenberg, sosok yang sangat loyal pada Jerman tapi khawatir Hitler bakalan merongrong negara yang ia cintai itu. Guna memenuhi keinginannya itu, Claus von Stauffenberg tidak punya pilihan selain bergabung dengan para perwira tinggi yang berpikiran sama dengannya. Kelompok ini pada akhirnya terungkap dan semuanya dijatuhi hukuman mati, termasuk Stauffenberg yang sebelumnya ditetapkan sebagai eksekutor utama Hitler.

6. Pearl Harbour

Dibintangi oleh Ben Afleck, film Pearl Harbour merupakan sebuah film romantis dengan penyerangan Jepang ke salah satu pangkalan Amerika Serikat di Kepulauan Hawaii sebagai salah satu latarnya. Film ini mengisahkan persaingan dua orang pria memperebutkan wanita yang sama di sebuah pangkalan militer. Kedua pria ini adalah pilot pesawat tempur. Persaingan yang mulanya biasanya ini sepenuhnya berubah setelah pesawat Jepang membombardir tempat mereka berdinas di pangkalan Pearl Harbour.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.