7 Soundtrack Film yang Legendaris Terbaik di Dunia Perfilman

Satu hal yang perlu kita sadari dari dunia hiburan, terutama film, adalah keajaibannya tidak hanya terletak pada apa yang terpampang di layar lebar, melainkan juga pada alunan nada yang terdengar di telinga kita. Ya, musik. Tapi, ini tidak berarti kita bakal membahas soal kecanggihan teknologi suara keluaran Dolby Atmos atau DTS:X. Apa yang bakal kita singgung di sini adalah peran musik dalam dunia layar lebar.

Disadari atau tidak, alunan musik yang indah dari sebuah film akan terus membekas di benak Anda meski Anda telah jauh meninggalkan bangku bioskop dan menggosok popcorn dari gigi Anda. Sebagian orang menikmatinya – dan bahkan mengingatnya atau mencoba mencari alunan musik yang menjadi soundtrack film yang baru ditontonnya. Sebagian lagi memilih untuk mengabaikan pengalaman musikal tersebut. Padahal, semua alunan musik tersebut dibuat tidak dengan ketidaksengajaan. Perlu upaya luar biasa untuk membuat soundtrack, yang perannya sangat penting guna membangkitkan emosi penonton saat film diputar.

Dengan mengesampingkan fakta bahwa ada orang yang mengabaikan begitu saja alunan soundtrack, nama-nama lagu di bawah ini dipastikan membuat mereka yang seperti itu bersedia meluangkan waktu barang sejenak guna mendengarkannya dengan seksama karena keindahan yang dimilikinya. Berikut adalah soundtrack legendaris yang bakal menggugah emosi Anda selaku penikmat film.

1. ‘My Heart Will Go On’ (Titanic)

Dinyanyikan oleh Celine Dion, lagu bertajuk ‘My Heart Will Go On’ ini sangat berperan dalam menguras emosi penonton film Titanic yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet di tahun 1997. Untaian kalimat romantis yang tersaji dalam lagu ini memang pas untuk mewakili kisah cinta dua insan yang berbeda strata sosialnya. Buah tarikan suara Celine Dion tersebut tidak bisa diabaikan begitu saja, karena masuk dalam nominasi ajang MTV Video Music Award untuk kategori Video Terbaik.

2. ‘I Don’t Want to Miss A Thing’ (Armageddon)

Lagu ini dirilis di tahun 1998, dan menjadi satu-satunya lagu pengiring untuk film berjudul Armageddon yang dibintangi oleh Bruce Willis, Ben Afleck, dan Liv Tyler. Dinyanyikan oleh grup rock papan atas Aerosmith, ‘I Don’t Want to Miss a Thing’ cukup unik karena menyajikan pesona romantis di balik tarikan suara keras membahana Steven Tyler. Meski demikian, lagu yang memenangkan penghargaan Academy Award untuk kategori Lagu Orisinil Terbaik ini nikmat didengar hingga saat ini sekalipun.

3. ‘I Will Always Love You’ (The Bodyguard)

Whitney Houston boleh pergi meninggalkan kita untuk selama-lamanya, tapi tidak dengan keindahan suaranya yang terekam saat ia menyanyikan lagu ‘I Will Always Love You’. Ia menyanyikan sendiri lagu untuk film berjudul The Bodyguard yang dibintanginya bersama Kevin Costner pada tahun 1992. Suaranya yang khas tidak akan membuat Anda bosan mendengar alunan lagu ini. Maka dari itu, tak berlebihan kiranya jika saat lagu ini dirilis langsung memenangkan penghargaan Grammy Award untuk kategori Rekaman Terbaik Tahun Ini.

4. ‘Kuch Kuch Hota Hai’ (Kuch Kuch Hota Hai)

Dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol, Kuch Kuch Hota Hai sangat populer di Asia Tenggara tak lama setelah dirilis di tahun 1998. Sekilas tidak ada yang istimewa dari jalan cerita film yang ber-genre komedi romantis ini: Sepenuhnya ala India dan bergaya India. Namun, KKHH sama sekali tidak membosankan untuk ditonton terus-menerus. Itu tak lain karena alunan soundtrack dengan judul yang sama dengan film ini siap membuat Anda bergoyang riang gembira.

5. ‘The Sound of Music’ (The Sound of Music)

Film yang dirilis tahun 1965 ini dikenal sebagai film musikal terlaris dan legendaris sepanjang masa. Belum ada film musikal sejenis yang sanggup mengalahkan kepopulerannya.  Diangkat dari kisah hidup Maria von Trapp, seorang wanita Austria yang hidup selama Nazi mulai berkuasa, The Sound of Music dituding sarat akan unsur politik kesejarahan – dan dikemas dalam bentuk lebih populer dan ringan. Kesuksesan film ini didukung pula oleh alunan musik dengan judul yang sama, yang dihasilkan dari tangan dingin Richard Rodgers selaku komposer dan Oscar Hammerstein II selaku penulis liriknya.

6. ‘Remembrances’ (Schindler’s List)

Alunan permainan biola Itzhak Perlman mengakhiri Schindler’s List, film yang dibintangi Liam Neeson yang memerankan protagonis: Oskar Schindler. Digubah oleh John Williams, lagu berjudul ‘Remembrances’ menawarkan nuansa syahdu, sedih, dan keheningan dalam satu waktu – seakan mengajak penonton film untuk merasakan keperihan orang Yahudi di bawah kuasa Amon Goeth, seorang perwira Nazi korup yang kerakusannya dimanfaatkan Oskar untuk memerdekakan para pekerja Yahudinya.

7. ‘Die Another Day’ (James Bond: Die Another Day)

Adalah suara Madonna yang berada di balik alunan ‘Die Another Day’, yang menjadi musik latar dari film seri James Bond dengan judul yang sama. Dirilis tahun 2002, sekilas lagu ini tak jauh berbeda gayanya dengan musik latar film James Bond lain. Namun, Madonna berhasil membuatnya ‘lain’, sehingga layak memenangkan Grammy Award untuk kategori Rekaman Dansa Terbaik di tahun yang sama.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.