The Great Wall – Film Action Berlatar Dinasti dengan Nuansa yang Berbeda

The Great Wall

Pernah nonton Jurrasic Park? The Great Wall film berlatar belakang dinasti ini masih memiliki sedikit sangkut paut yang sama dengan Jurrasic Park, Yaps mahkluk yang menyerupai Dinosaurus. Film ini bertema kolosal, memiliki latar waktu abad ke-15 di dinasti Song China saat itu, dan sarat akan nuansa saat itu. Sekilas dari judulnya film ini tidak langsung menampakan genre action atau laga seperti kebanyakan film action atau laga yang menggunakan judul yang lebih familiar, tetapi siapa sangka ternyata film bergenre laga action “Kolosal” yang disutradarai oleh Yimou Zhang ini sarat akan adegan action dan laga yang setara dengan box office bergenre war saat ini. Walaupun ya, latar tempat yang diambil film ini dilakukan di China, jadi ga mesti ya Film-film bertema China selalu identik dengan kungfu dan kolosal saja, tapi juga bisa membuat genre war yang modern.

The Great Wall

Film ini layak ditonton untuk menambah wawasan dalam dunia perfilm-an. Film yang disutradai oleh Zhang Yimou ini sendiri ternyata memiliki ekspektasi rating yang tinggi sekelas Film blockbuster hollywood, Hal ini mengingat aktor utama yang diperankan oleh Matt Damon sendiri, mampu menciptakan minat yang tinggi dari penikmat dunia perfilman saat ini.

Seperti apa ceritanya, silahkan disimak artikel ini hingga usai. Selamat membaca.

Cerita

The Great Wall ini menceritakan sebuah legenda tentang sejarah pembangunan tembok raksasa China, yang saat itu menceritakan legenda tentang monster yang hendak menyerang kerajaan, monster ini muncul 60 tahun sekali. Tujuan pembangunan tembok raksasa ini digadang salah satunya adalah untuk menangkal para monster untuk menembus ke pemukiman. Di awal pemutaran Trailer film ini, ada slogan Discover The Secret of The Great Wall, agaknya selain menceritakan kisah cerita di film ini juga menunjukkan keindahan dari tembok raksasa China sendiri.

Slow Motion dan Menyeramkan

Cuplikan The Great Wall

Meskipun tidak mengusung genre film horor dan war secara spesifik, tapi film yang satu ini patut untuk diacungi jempol dengan berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Berbagai efek film slow motion, latar tempat, koreo para pemain, monster-monster yang mengerikan, dan pergerakan setiap komponen filmnya menjadi kelebihan tersendiri Film The Great Wall ini yang menjadikannya menjadi film yang terlihat lebih menegangkan dan menyeramkan, apalagi Monster-monster yang muncul di film ini, mengingatkan kita pada film Jurrasic Park

Asal – Usul

Cuplikan The Great Wall

Film ini bermula dari kisah seorang musafir atau pengembara William Garin (Matt Damon) yang mencari benda Black Powder, yaitu semacam mesiu atau bubuk mesiu yang pada masa itu menjadi benda incaran yang paling dicari oleh semua bangsa dalam meraup kekusaan. William Garin (Matt Damon) melakukan perjalanan hingga mencapai dataran China, namun ditangkap oleh perompak, dan dimasukkan kedalam tahanan yang disiapkan oleh order tanpa nama dibawah pimpinan lima panglima perang. Hingga ia pun tahu alasan dibuatnya tembok raksasa China.

Akhir Cerita

Cuplikan The Great Wall

Akhirnya Monster-monster itu berhasil dimusnahkan setelah melarikan diri dengan keluar dari Istana perhatahan dimana Monster-monster mengerumuni Istana-istana yang ada, dengan menembakkan panah ke arah monster dan melemparkan mesiu yang ada.

Tampilan Film

Tampilan The Great Wall

Selain sarat akan adegan laga dan actionnya, dengan menggunakan latar cerita peperangan. Film ini juga tidak sedikit memunculkan efek slow motion yang membuat efek eye catching yang menarik untuk ditonton. Ga perlu khawatir, karena aksen horor dicerita ini sendiri bisa dibilang tidak ada, ya kalau unsur mengejutkan dari film ini pastinya banyak.

Efek Suara / Sound Effect

Sound Effect The Great Wall

Di bagian sound effect ini, efek Suara dari The Great Wall ini terbilang apik dan menarik. Sudah bisa ditebak karena memang menggunakan latar tempat dan cerita peperangan, maka suara yang dihasilkan tentu menggelegar, apalagi kalau diputar menggunakan speaker aktif atau headset dengan bass yang mumpuni ya? pastinya sudah seperti di studio saja.

Latar Waktu

Latar Waktu The Great Wall

Karena mengambil setting waktu pada abad ke-15, maka berbagai aksen dan penggambaran visual dari tempat yang digunakan juga dibuat bernuansa demikian. Selain itu, karena film ini bergenre kolosal dan war modern, maka perpaduan antara nuansa oriental dan seni war modern banyak ditemui disini, ditambah lagi Monster-monster yang ada, menambah kesan modern di film ini.

Sejatinya, meskipun film ini diawal tidak begitu menunjukkan kesan menyeramkan pada film, tetapi pada bagian tengah terutama akhir film, barulah kengerian film ditampilkan. Efek slow motion dan dentuman sound yang dihasilkan menambah efek tegang di film ini. Meski begitu, sesekali Kita temui hal yang konyol dari film ini, terutama dari panglima perang yang ada.

Info Film

  • Tanggal Rilis : 4 Januari 2017 (Indonesia)
  • Rating : R 13+
  • Genre : Adventure Fantasy
  • Durasi : 104 Menit
  • Sutradara: Zhang Yimou
  • Pemain : Matt Damon, Pedro Pascal, Willem Dafoe, Jing Tian, Andy Lau
  • Studio : Universal Pictures, Legendary East, China Film Group

Bagaimana menurut kalian tentang film kolosal bergenre war modern yang satu ini? Pastinya lebih menarik dari film dinasti china yang lainnya ya, yang selalu ber ciri khas perang antar manusia. Kirim komentar kalian dibawah!

Komentar disini!

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.