6 Film Ternama yang Tak Pernah Disadari Diangkat Dari Buku

Bila kita berbicara mengenai film yang diangkat dari buku, beberapa judul langsung terbayang dalam benak. Bukan begitu? Katakan saja mulai dari ketujuh (atau delapan?) seri film Harry Potter yang diangkat dari buku berjudul sama, hingga Lord of The Rings. Namun menariknya, selain beberapa judul di atas masih ada banyak lagi film ternama yang rupanya diangkat dari buku atau pun novel. Baik itu dengan tema remaja, buku dongeng, hingga jenis literatur yang terbilang legendaris.

Penasaran? Di bawah ini akan coba kami kupas lebih jauh untuk 6 judul film ternama yang, tanpa banyak disadari diangkat dari buku. Berikut ini ya untuk daftar 6 judul film tersebut.

1. ‘Mean Girls’ (2004)

Mean Girls

Tak pernah tahu bahwa film chick flick ternama ini sebenarnya berasal dari buku? Kisah (dan juga drama) masa remaja Regina George serta kawan-kawannya berasal dari buku “Queen Been & Wannabees” yang ditulis oleh Rosalind Wiseman. Tina Fey, penulis naskah dari film yang dirilis pada tahun 2004 ini membenarkan bahwa Mean Girls sebenarnya diangkat dari novel tersebut.

Berbeda dari film adaptasi novel atau buku yang lain, yang sudah mendapatkan popularitas dari buku tersebut. Mean Girls memang berbeda. Film ini sudah jauh lebih dilkenal lebih dulu sebelum diungkap bahwa sebenarnya merupakan versi adaptasi dari novel “Queen Been & Wannabees”. Ada yang sudah pernah baca buku novelnya?

2. ‘Pitch Perfect’ (2012)

Film Pitch Perfect meraih sukses besar sejak pertama kali ditayangkan pada tahun 2012 lalu. Hingga akhirnya dibuat seri kedua dan ketiga yang baru saja tayang pada akhir tahun lalu. Film dengan genre drama musikal serta komedi ini pun masih setia dengan jalan cerita yang sama.

Pitch Perfect

Cerita di film ini diangkat dari novel “Pitch Perfect: The Quest for Collegiate a Cappella Glory” yang ditulis oleh Mickey Rapkin. Kisah di novel nyaris sama dengan dalam film, tentang group musik akapela Barden Bellas. Bagaimana mereka berusaha menggapai mimpi, di waktu yang sama juga harus berhadapan dengan beberapa hal yang merintangi. Novel maupun filmnya sangat cocok untuk para remaja hingga orang dewasa yang masih berjibaku mengejar mimpi.

3. ‘Donnie Brasco’ (1997)

Donnie Brasco

Pernah menyangka bahwa film favorite di masa muda ini sebenarnya berasal dari buku novel? Donnie Brasco diangkat dari novel populer berjudul “Donnie Brasco: My Undercover Life in the Mafia” karangan dari Joseph D. Pistone dan Richard Woodley. Seperti juga film adaptasi lain, ada beberapa bagian yang memang diubah dari novel serta pada filmnya. Namun intinya tetap sama, mengenai seorang agen rahasia flamboyan yang berusaha menyamar.

Belum pernah membaca bukunya meski sudah menamatkan film tersebut berkali-kali? Ini waktunya untuk kembali membaca buku novel “Donnie Brasco: My Undercover Life in the Mafia” yang tak kalah seru.

4. ‘Mrs. Doubtfire’ (1993)

Mrs.Doubtfire

Menyaksikan film dengan genre drama hingga fantasi yang diangkat dari buku memang sudah tak asing lagi. Lalu bagaimana dengan film dengan tema komedi. Mrs. Doubtfire merupakan salah satu film komedi legendaris dari aktor ternama Robin Williams yang pertama kali tayang pada tahun 1993 silam. Lebih dari 15 tahun kemudian, film ini tetap dikenal sebagai film terbaik dari sang aktor. Terutama selepas peninggalannya.

Satu hal yang tak pernah disangka, skrip dari film ini sebenarnya adaptasi dari novel berjudul sama karya Anne Fine yang terbit tahun 1987. Novel laris tersebut memiliki jalan cerita hingga setting yang persis sama dengan filmnya.

5. ‘How to Train Your Dragon’ (2010)

How to Train Your Dragon

Film animasi populer dari DreamWork ini pun rupanya merupakan adaptasi dari novel. Menariknya, novel untuk anak-anak ini juga memiliki beberapa seri, dimana kabarnya akan diangkat menjadi film ‘How to Train Your Dragon’. Hingga saat ini sudah ada 3 seri yang siap dirilis oleh rumah produksi ternama tersebut.

Selain diangkat dari buku cerita anak-anak, ‘How to Train Your Dragon’ juga mengangkat kisah legendaris tentang seekor naga. Tootles. Dimana kisahnya persis sama dengan yang ada di film.

6. ‘Die Hard’ (1988)

Satu lagi film klasik ternama yang tanpa diketahui rupanya berasal dari film. ‘Die Hard’ merupakan film dengan genre action yang diangkat dari novel berjudul “Nothing Last Forever”. Novel yang dikarang oleh penulis terkenal Roderick Thorp ini rupanya juga sudah dikenal luas jauh sebelum film ini tayang dan mendapatkan popularitas.

Die Hard

Die Hard mengisahkan tentang seorang teroris “Gruber” yang berusaha memuskan kejahatan. Hingga saat ini, Die Hard masih dikenal luas sebagai salah satu film terbaik dengan jalan cerita, tema, setting, hingga teknologi canggih yang digunakan untuk masing-masing aksi di setiap adegannya.

Dari 6 film ternama yang diangkat dari novel tersebut, ada yang belum pernah kalian tahu sebelumnya? Atau malah sudah pernah membaca novel dan bukunya lebih dulu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.