Black Panther: Pertemuan Manis Antara Kultur Dengan Superhero

Black Panther tak bisa disangkal lagi, menjadi salah satu film paling populer di awal tahun ini. Tak hanya sekedar banyaknya review dan komentar positif dari penonton yang membanjiri media sosial. Namun juga pemberitaan untuk film yang dikabarkan mempromosikan diversity atau perbedaan di industri perfilman Hollywood. Popularitas Black Panther sudah dimulai sejak trailer pertama untuk film ini dirilis. Setelah sebelumnya foto rilisan pertama untuk sang pemeran utama, Black Panther menjadi viral dan trending di seluruh dunia.

Lalu, apakah film yang pertama kali tayang pada 18 Februari kemarin ini benar-benar memenuhi ekspektasi dan popularitas yang didapat? Berikut ini kami akan mengulas film Black Panther dari banyak segi berbeda dalam review di bawah.

Setting “Dunia”

Seperti yang diketahui (dan dikhatam-kan betul oleh penggemar), film dari Marvel memiliki “dunia” mereka sendiri. Marvel Universe. Sama halnya dengan kisah dalam komiknya, nyaris semua kisah superhero Marvel memiliki kaitan satu sama lain. Tentu saja mengingat mereka berada dalam satu dunia yang sama. Namun, tidak dengan Black Panther.

Wakanda – Black Panther

Black Panther memiliki setting dunia-nya sendiri yang terlepas dari “dunia” milik Marvel Universe. Kisah ini mengambil lokasi fiksi di Afrika bernama Wakanda. Ya, tak hanya memiliki Gotham, penggemar super hero dari Marvel pun akhirnya memiliki lokasi lain untuk berimajinasi. Di Wakanda.

Tak Menjadi Bagian dari Saga

Kami sebutkan di atas, nyaris semua kisah super hero dari Marvel memiliki kaitan satu sama lain. Semuanya saling berkaitan mulai dari setting dunia, waktu, kejadian, hingga para pemeran di dalamnya. Hanya saja, dengan beberapa twitch serta sudut pandang berbeda. Katakan saja, cerita di Spider Man akan bersinggungan dengan Captain America maupun Thor. Begitupun dengan Thor dan Captain Amerika serta Hulk. Tim Avengers dan Guardian of The Galaxy pun memiliki sedikit kaitan, meski belum banyak dikisahkan.

Marvel Hero – Black Panther

Sebaliknya, kisah Black Panther tidak berhungan dengan Avengers maupun super hero dari Marvel lain. Jadi menonton film ini, tak perlu merasa kebingungan bila bukan penggemar film super hero dari Marvel yang lain.

Black Panther tidak menjadi bagian dari “buku besar” cerita dari Marvel. Tidak seperti kisah dari super hero lain yang seakan sebuah chapter untuk kisah yang lebih lengkap nantinya, Black Panther memegang jalan ceritanya sendiri.

Jalan Cerita

Wakanda dan Material Vibranium

Black Panther mengambil setting tempat di Wakanda, sebuah daerah fiksi di benua Afrika. Dari sisi pandang orang luar, Wakanda merupakan kampung yang dipenuhi oleh petani. Seperti halnya desa dan daerah lain di benua tersebut. Namun tak banyak yang tahu, Wakanda lebih beradab dan juga canggih dari pada daerah lain.

Teknologi Wakanda – Black Panther

Wakanda berhasil menjadi jauh lebih maju dan juga canggih berkat suatu mineral bernama vibranium. Material ini membantu Wakanda membuat teknologi yang lebih canggih dari apapun di muka bumi. Menjadikan daerah ini memiliki kekuatan yang besar dan tentunya juga, kekayaan yang melimpah.

Mereka berusaha melindungi vibranium dari dunia luar. Tak hanya demi menjaga keseimbangan, namun juga menghindari perang dari dunia lain. Wakanda lebih memilih dikenal sebagai negara para petani dari pada negara super maju di Afrika.

Wakanda melindungi kekayaan mereka yang didapatkan dari super metal vibranium dengan sangat baik. Berpuluh bahkan beratus tahun tak ada yang menyangka daerah tersebut mungkin menjadi negara paling kaya yang pernah ada.

Wakanda dan T’Challa

T’Chala – Black Panther

Siapa T’Challa? Nama ini sangat sering dikatakan ketika seseorang berbicara mengenai Black Panther. Siapa dan apa sebenarnya T’Challa?

T’Challa adalah satu-satunya orang yang memimpin dan mengendalikan Wakanda. Ia mendapatkan kekuatan besar berkat sebuah tumbuhan gaib. Mantel Black Panther yang ia dapatkan, menjadikan T’Challa seorang super hero. Tepat seperti yang dibutuhkan oleh Wakanda untuk melindungi mereka.

Permasalahan

Seperti juga film super hero lain dari Marvel, permasalahan di Black Panther pun terbilang “sederhana”. Dimulai dari seorang outisider yang mengancam akan membongkar rahasia Wakanda ke dunia luar. Di sinilah, T’Challa dituntut untuk beraksi mempertahankan rahasia Wakanda. Pada waktu yang sama, mempertahankan kesimbangan di dalam Wakanda.

Bukan tugas yang mudah bukan?

Film Super Hero Terbaik dari Marvel

Black Panther

Apakah terlalu berlebihan bila menyebut Black Panther merupakan film terbaik dari Marvel? Terutama mengenai super hero dari Marvel Universe.

Black Panther menghadirkan segi kultural di balik semua super hero yang ada di Marvel. Film ini tak hanya menghadirkan super hero pertama dari Marvel serta film dengan pemeran berkulit hitam terbanyak hingga saat ini. Black Panther juga menghadirkan kultur Afrika di setiap bagian ceritanya. Mulai dari makanan, pakaian tradisional, cara hidup, kebiasaan, hingga.. bahasa. Menarik dan tentunya sangat layak untuk disaksikan.

Komentar disini!

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.