Urutan Teratas 5 Film Horor Klasik Paling Seram

The Texas Chain Saw Massacre 1973

Siapa yang tak suka film horor? Banyak, tentunya. Namun jumlah penyuka film horor pun kabarnya dua hingga tiga kali lebih banyak dari pada mereka yang tidak menyukai film menyeramkan ini. Buktinya, sederet film dengan genre horor meraih sukses besar di box office. Tak hanya baru-baru ini saja ketika teknologi perfilman memiliki andil besar menjadikan film horror yang tayang lebih terlihat “nyata”. Bahkan sejak dulu, sudah ada sederet judul film horor klasik yang laris manis di pasaran.

Untuk para penggemar film horror sendiri, rasanya sudah tak asing lagi dengan beberapa judul film horor klasik. Bahkan mungkin sudah berkali-kali menonton film tersebut. Mengingat memang ada sederet judul film horor yang sudah sangat populer dengan jumlah penonton lebih dari 5 juta.

Berbeda dengan film horor masa kini, horor klasik ini memiliki lebih banyak kelas dan juga jenis berbeda untuk menakut-nakuti penontonya. Tak hanya mengandalkan jump scare saja, namun juga rasa tegang hingga ketakutakan yang dibangun perlahan dari satu adegan ke adegan lain.

Di bawah ini merupakan beberapa judul film horor klasik di peringkat 5 tertinggi sebagai film paling seram. Film horor di bawah ini merupakan film klasik yang dianggap paling seram hingga saat ini. Penasaran dengan apa saja judul film horor di urutan 5 paling seram tersebut? Di bawah ini merupakan daftarnya.

5. Alien (1979)

Urutan kelima dalam daftar film horor klasik paling menakutkan, ada Alien yang pertama kali tayang pada 1979 lalu. Seperti judulnya, film ini memang mengisahkan tentang kehadiran alien, makhluk dari planet lain. Mereka bukan hanya memiliki tampilan yang menyeramkan (mulai dari gigi runcing hingga wajah yang tak bisa dikategorikan bersahabat), namun juga keinginan yang jahat. Hingga akhirnya mau tak mau, sekelompok orang ini pun harus berusaha untuk menyingkirkan para alien tersebut.

Alien 1979

Ketakutan di film ini dibangun dengan sempurna. Menengangkan dengan kadar gore yang tepat. Salah satu hal yang banyak menjadi kesalahan dari film horor klasik memang salah satunya terlalu “menjijikan” dengan gore yang berlebihan. Katakan saja, mulai dari bagian tubuh yang dipotong hingga darah berserakan. Namun tidak dengan Alien.

4. The Shining (1980)

The Shining 1980

Berbicara mengenai film horor klasik memang mau tak mau akan membawa kita pada The Shining. Film ini pertama kali dirilis pada tahun 1980 dan tetap menjadi salah satu film yang dianggap paling menyeramkan. Hingga saat ini. Tak hanya jalan ceritanya saja yang ikonik. Hantu di film ini, The Twins juga sama ikoniknya. Belum lagi beberapa adegan yang menjadi inspirasi banyak film horor di masa modern.

The Shining mengisahkan sebuah keluarga yang tinggal di hotel berhantu selama liburan musim dingin. Seperti diduga, sederet kejadian menyeramkan pun tak henti-henti mereka alami.

3. The Texas Chain Saw Massacre (1974)

The Texas Chain Saw Massacre 1974

The Texas Chain Saw Massacre merupakan film horor klasik berikutnya yang sudah sangat dikenal. Terutama untuk para penggemar horor, rasanya tak akan tidak mengenal sosok Leather Man dari film ini. Film horor yang dirilis pada 1974 tersebut memang awalnya dikenal dengan cerita yang begitu menakutkan serta didukung dengan visual yang memang sangat gore. Pada saat itu. Namun menariknya, meskipun saat ini sudah ada banyak sekali film horror lain yang memperlihatkan keseraman yang bahkan lebih, The Texas Chain Saw Massacre tetap memiliki tempat tersendiri.

Kisah di film The Texas Chain Saw Massacre sebenarnya sangat bisa ditebak. Dimulai dari sekelompok remaja yang tersesat di daerah pegunungan hingga bertemu dengan keluarga The Leather Man.

2. The Exorcist (1973)

The Exorcist 1973

Film satu ini pun dianggap sebagai salah satu yang paling menyeramkan, dan juga menjijikan. Bagaimana tidak, dalam masa penayangannya, sederet bioskop di Amerika Serikat sampai harus menyediakan kantung muntah untuk para penonton film ini. Selain itu, versi home video dari The Exorcist pun sempat dilarang diedarkan di banyak negara. Salah satunya di Inggris.

The Exorcist memang memiliki bagian yang tak hanya menjijikan, namun juga melampaui imajinasi. Terlebih dengan embel-embel bahwa kisah di film ini berdasarkan dari kejadian nyata yang pernah terjadi. Makin seram bukan jadinya?

1. The Omen (1976)

The Omen 1976

Untuk standar perfilman modern, The Omen memang tak akan dipandang sebelah mata. Proses editing yang terasa kasar hingga pergerakan kamera yang rasanya kurang begitu mulus. Untuk jaman modern tentu saja. Namun ketika tahun 1976 dimana dunia perfilman masih dikatakan “belum modern”, The Omen menjadi salah satu film horor paling sukses.

Film ini tak mengandalkan kejijikan atau pun gore di dalam jalan ceritanya. Sebaliknya, kisah yang diangkat justru lebih menyeramkan dari pada semua aksi memotong tubuh yang pernah ditayangkan dalam film horor lain.

Dari 5 film horror tersebut, mana yang paling menyeramkan menurut kalian?

Komentar disini!

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.