A Quiet Place: Premis Menarik dengan Eksekusi Melampaui Ekspektasi

Film debut garapan sutradara John Kransinski ini bisa jadi awal yang bagus untuk karirnya di dunia directing. A Quiet Place merupakan film horror yang memberikan ketegangan nyata pada para penontonnya. Rilis pada tanggal 3 April 2018 lalu, film ini telah meraup keuntungan sebesar 173,6 Juta Dollar. John Kransinski menggandeng pula istrinya, Emily Blunt, dan beradu akting bersama sang istri.

PREMIS MENARIK

Premis Menarik

“if they hear you, they hunt you”

A Quiet Place memiliki premis tentang sepasang suami istri dan anak-anaknya yang sedang dalam usaha bertahan hidup di tengah-tengah ancaman monster yang sangat sensitif dengan suara dan akan memburu apa pun yang berbunyi. Hal ini membuat keluarga kecil ini hidup dalam kesunyian untuk tetap aman dari serangan monster.

Salah satu unsur yang membuat film dinanti-nanti oleh para penikmat film adalah premisnya yang menarik dan membuat penasaran. A Quiet Place berhasil membuat premis yang mengundang para penonton, film ini memang merupakan salah satu film yang paling dinanti-nanti setelah mas promosi sebelum film ini muncul di bioskop. Pemilihan aktris kawakan Emily Blunt nampaknya juga menjadi pendukung trailer film dengan premis menarik satu ini.

A Quiet Place memiliki premis yang sangat original dengan detil yang akan tampak semakin sempurna ketika penonton menyaksikan film horror satu ini. Mulai dari alur ceritanya hingga desain karakter imajinasi berupa monster yang sensitif akan suara dan cara bertahan hidup dari makhluk buas tersebut. Usaha keras sutradra akan terlihat dalam setiap detil cerita yang disampaikan. Tidak berlebihan, sederhana, namun dikemas dengan rapi.

EKSEKUSI YANG MELAMPAU EKSPEKTASI

Tidak hanya sekedar premis padat yang sangat menarik, Kransiski berhasil mengembangkan cerita dari premisnya tersebut. Banyak film memiliki premis yang menarik namun belum tentu eksekusinya memenuhi ekspektasi penontonya. A Quiet Place menyajikan alur cerita yang berkembang di luar ekspektasi penonton. Tidak melulu  tentang melawan monster dengan adegan aksi berlebihan. Justru sosok monster dalam film ini jarang diperlihatkan secara jelas. Hal ini akan semakin membuat penonton tegang karena tidak tahu pasti semengerikan apa monster yang sedang memburu keluarga ini.

Monster yang tidak diperlihatkan jelas

Banyak pula film tentang bertahan hidup yang telah dibuat di industri perfiliman Hollywood, namun film ini jelas memiliki gaya yang berbeda. Mulai dari cinematografi dan terutama musik latarnya, film ini memang dirancang sesempurna mungkin untuk memberikan ketegangan yang ingin disampaikan. Tidak hanya menonton kisah sebuah keluarga yang sedang bertahan dalam kesunyian, penonton akan terbawa dengan ketegangan yang dialami oleh-oleh para karakter karena penataan audio visualnya yang tepat.

Penonton harus fokus dalam memperhatikan tiap adegan dan diharapkan tetap tenang. Film ini minim dialog dan lebih banyak menyampaikan cerita dengan bahasa verbal. Tidak hanya dalam komunikasi atau dialog di antara para pemainnya, namun pesan narasi juga disampaikan melalui visual.

Pesan disampaikan secara verbal

Film ini juga memiliki akhirnya cerita yang berbeda dengan film horror yang melibatkan karakter monster pada umumnya. Beberpa penonton mungkin akan merasa kurang puas dengan akhir yang rancang oleh sutradaranya. Namun, jika penonton mau menela’ah adegan terakhir dengan lebih kritis, A Quiet Place bisa dikategorikan sebagai film horror dengan kemasan elegan dan rapi. Tidak seperti tipikal film horror pada umumnya.

KARAKTER

Karakter

Memilih beradu akting dengan istri sendiri nampaknya merupakan pilihan tepat bagi sang sutradara. John Kransiski dengan Emily Blunt berhasil membawakan peran dengan sangat baik dan chemistry di antara mereka terjalin dengan sempurna dalam film ini. Awalnya Kransiski tidak berminat menyeret sang istri dalam proyek filmnya sendiri, namun setelah mengunjungi istri dalam proses syuting film Marry Poppin, Kransiski tertarik untuk menguji kemampuan berakting sang istri. Dan hal tersebut membuahkan hasil yang mendukung keberhasilan film ini.

Tidak hanya ikatan sebagai suami istri yang terjalin dengan baik, adu akting denga dua pemain muda, yang berperan sebagai anak mereka. Millicent Simmods (sebagai Regan) dan Noah Jupe (sebagai Marcus) juga memiliki chemistry sebagai sepasang saudara maupun anak.

Ikatan pemeran sebagai keluarga

Tidak hanya akting yang memukau, ikatan masing-masing pemeran sebagai anggota keluarga yang saling melindungi bisa tersampaikan kepada penonton.

Overall, A Quiet Place merupakan film horror dengan alur cerita dan gaya pembawaan cerita pada level berikutnya dalam dunia perfilman Hollywood. Setelah Get Out, mungkin film ini bisa menjadi kandidat Oscar di tahun selanjutnya. Oscar tidak biasanya menominasikan film bergenre horror namun dengan kualitas seperti A Quiet Place, hal tersebut tidak ‘lah mustahil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.