6 Rekomendasi Film Bertema Musik dan Musisi Terbaik

Siapa yang tidak suka musik? Musik adalah salah satu hiburan yang pasti disukai semua orang. Semua orang punya genre musik favorit dan musik merupakan ekspresi jiwa dari musisi maupun pendengarnya. Begitu pula dengan film. Mengankat kisah bertema musik kedalam sebuah film bisa menjadi suatu karya seni komplit yang memanjakan audio maupun visual penontonnya. Tidak hanya film musikal, drama kehidupan tentang berkembangnya sebuah group musik maupun perjuangan seseorang dalam meraih mimpinya di dunia musik bisa menjadi bahan cerita yang potensial bagi para filmmaker.

Berikut tujuh rekomendasi film bertemakan musik dengan berbagai genre yang bisa ditonton

School of Rock (2003)

School of Rock

Dewey Finn (Jack Black) adalah seorang gitaris rock yang dikeluarkan dari band-nya dan berakhir sebagai pengangguran. Mendapat kesempatan menjadi guru pengganti gadungan di sebuah sekolah swasta elit, Finn tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Bukannya mengajarkan pelajaran sesuai jadwal, Finn justru menjerumuskan para murid ke dunia musik dan membentuk sebuah band bersama murid-murid yang ternyata memiliki bakat dalam bermusik.

Richard Linklater biasanya dikenal sebagai sutradara dengan filmnya yang padat dialog dan mengandung berbagai nilai filosofi. Dalam School of Rock, penonton akan melihat sisi menyenangkan dari sutradara satu ini. Namun, masih memiliki nilai moral bagi para orang tua untuk lebih mengapresiasi bakat terpendam yang mungkin dimiliki oleh-oleh anak-anak mereka.

Scott Pilgrim vs The World (2010)

Scott Pilgrim vs The World

Diangkat dari komik dengan judul yang sama, Scott Pilgrim Vs The World mengisahkan seorang bassist dari band rock yang sedang merintis karir yang jatuh cinta dengan seorang gadis dengan penampilan esentrik, Ramona Flowers (Mary Elizabeth Winstead). Usaha oendekatan Scott Pilgrim (Michael Cera) nampak tidaklah mudah, bukan karena Ramona yang susah didekati namun karena ia harus mengalahkan tujuh mantan sang gadis pujaan sebelum bisa mengencaninya dengan tenang. Beberapa mantan Ramona adalah musisi yang lebih terkenal dari Scott. membuatnya harus melakukan pertarungan dengan bass serta anggota band-nya.

Scott Pilgrim Vs The World memiliki visualisasi mengagumkan bagi penonton yang menyukai genre sci-fi. Film ini juga bertaburan aktor dan aktris yang sekarang sudah terkenal di Hollywood seperti, Brie Larson, Lucas Lee, dan Brandon Ruth. Para penonton juga akan dihibur dengan beberapa penampilan band rock garage yang garang dan beberapa genre musik ekperimental.

Begin Again (2013)

Begin Again

Gretta (Keira Knightley) pindah ke New York menginguti kekasihnya, Dave (Adam Levine) yang sedang dalam proses menjalin kerja sama dengan label musik besar untuk diorbitkan sebagai musisi terkenal. Dianggapnya hubungan mereka akan semakin membaik dengan kesukses sang kekasih, Gretta malah dicampakan karena Dave selingkuh dengan salah satu staff label musik.

Gretta kemudian singgah di rumah sahabatnya, Steve (James Corden) yang kemudian mengantarkannya pada kesempatan bermain akustik di sebuah cafe. Mendapat respon yang biasa saja dari para penonton, Gretta sempat merasa kehilangan rasa percaya diri akan kemampuan bermusik. Namun, ternyata penampilan Gretta mencuri hati seorang produser yang sedang bangkrut bernama Dan (Mark Ruffalo). Bersama dengan Dan, Gretta kemudian memulai kembali untuk memberikan kesempatan pada dirinya untuk lebih serius dalam bermusik.

Whiplash (2014)

Whiplash

Andrew Neiman (Miles Teller) adalah seorang drummer jazz yang ambisius dan sangat terobsesi untuk masuk dalam kelas group para murid mahir yang dipimpin oleh Terence Fletcher (J.K. Simmons) yang terkenal berbakat namun berwatak garang. Setelah berhasil terpilih sebagai pemain penganti di group musik jazz Fletcher, Andrew memiliki ambisi yang semaki kuat untuk menjadi drummer jazz terbaik dengan kegarangan sang pelatih yang tak pernah puas dan selalu menuntut kesempurnaan pada setiap ketukan drummnya.

Whiplash merupakan film debut Damien Chazelle yang menuai banyak kritik positif hingga membawa film ini sebagai nominasi best picture pada ajang Oscar.

Frank (2014)

Frank

Jon (Domhnall Gleeson) adalah seseorang yang memiliki cita-cita tinggi untuk menjadi musisi terkenal. Harapan tersebut mulai muncul ketika ia secara tiba-tiba direkrut oleh sebuah band pop yang dipimpin oleh seorang pria dengan kepala palsu yang menutupi kepalanya sepanjang waktu, Frank (Michael Fassbender). Frank merupakan film dengan ide yang sangat original dengan sentuhan humor.

Dalam Frank, diangkat sebuah konflik tentang identitas sebuah band diantara pilihan untuk tetap idealis dan bermusik secara independen atau memilih untuk mengikuti selera dunia yang mainstream untuk terkenal.

Sing Street (2016)

Sing Street

Cosmo (Ferdia Walsh-Peelo) adalah seorang murid pindahan di sekolah khusus laki-laki. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang perempuan yang tinggal di depan di sekolahnya, Raphina (Lucy Boynton) dan tertarik untuk mendekatinya. Cosmo pun mendekati Lucy dan secara asal menyebutkan bahwa ia adalah anggota untuk membuat Lucy tertarik padanya. Berawal dari omongan asal, akhirnya Cosmo membentuk sebuah band sungguhan dibantu dengan teman-teman barunya di sekolah yang sama-sama memiliki ketertarikan di dunia musik. Kemudian harinya, Cosmo mengajak Lucy sebagai model video clip band-nya karena Lucy memiliki cita-cita sebagai model.

Sing Street sendiri adalah nama band pop Cosmo dan kawan-kawan. Selain kisah derama remaja yang menarik, film ini juga menyuguhkan berbagai komposisi original bergenre pop tahun 80’an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.