7 Film Drama Bertema Keluarga yang Mengharukan hingga yang Membuat Tertawa

Captain Fantastic

Keluarga adalah salah satu hal terpenting bagi setiap orang. Keluarga adalah tempat bertumbuh dan  yang menentukan jati diri seseorang. Film bertema keluarga seringkali menjadi drama favorit karena memiliki esensi cerita yang relevan bagi setiap orang. Ketika film dapat memberikan rasa empati pada penontonnya, film itu berhasil menghibur penontonya secara batin. Melalui film-film keluarga, penonton bisa belajar banyak nilai-nilai moral.

Berikut tujuh rekomendasi film drama bertema keluarga mulai dari yang sedih hingga yang membuat anda tertawa terbahak-bahak.

1. What’s Eating Gilbert Grape (1993)

What’s Eating Gilbert Grape

Gilbert Grape (Johnny Depp) adalah seorang pemuda yang tinggal di sebuah kota kecil dengan banyak tanggung jawab dipunggungnya. Ia harus menahan malu dan merawat ibunya yang mengalami obesitas dan selalu jadi buah bibir anak-anak di pemukimannya. Belum lagi adiknya yang mengalai gangguan mental, Arnie (Leonardo DiCaprio), yang selalu membuat ulah di kota. Gilbert hanyalah seorang pekerja di sebuah supermarket kecil. Dengan segala problematika dan kisah cinta terlarang yang ia miliki, tiba-tiba merasakan secercah kebahagian murni dari seorang gadis baru di kota bernama Becky.

2. Little Miss Sunshine (2006)

Little Miss Sunshine

Sebuah Keluarga besar terdiri dari sepasang suami istri, Sheryl Hoover dan Richard Hoover, seorang kakek, seorang anak laki-laki, dan saudara mereka, Frank Ginsburg (Steve Carell) yang baru saja pulih dari depresi, melakukan sebuah perjalanan ke California untuk mendukung Olive Hoover (Abigail Breslin), anak perempuan mereka dalam kontes kecantikan anak-anak, Litttle Miss Sunshine. Selama perjalanan yang mereka tempuh dengan mini bus berwarna kuning mencolok, terjadi banyak kejadian tak terduga yang pedih dan menyedihkan hingga kejadian-kejadian lucu yang akan membuat anda tertawa.

3. Death at Funeral (2007)

Death at Funeral

Death at Funeral merupakan sebuah film dark comedy tentang sebuah berkumpulnya sebuah keluarga besar dalam acara pemakaman sang ayah. Di balik bergabung dan sedihnya upacara penghormatan terakhir sang ayah, justru banyak kejadian sial yang akhirnya berujung pada kekacauan upacara yang tenang dan kitmat. Mulai dari mantan pacar sang ayah yang datang dan mengancam akan membongkar masa lalu memalukan asang ayah, calonmmenantu yang berusaha membuat keluarga terkesan namun malah menimbukan kekacauan karena tak sengajah menkonsumsi narkoba, dan kejadian-kejadian konyol lainnya. Film ini akanmembuat para penonton menartawakan hal-hal tabu yang seharusnya tidak terjadi dalam sebuah upacara pemakaman yang sakral.

4. Nebraska (2013)

Nebraska

Woody Grant (Bruce Dern) adalah seorang pria paruh baya yang menyakini bahwa dirinya memenyakini bahwa dirinya memenangkan sebuah lotre jutaan dollar. Tidak ada yang mempercayai hal tersebut, Woody akhirnya nekad pergi ke Lincoln yang jaraknya bermil-mil jauhnya dari tempat tinggalnya. Namun tiba -tiba sang anak, David (Will Forte) memutuskan untuk menemani ayahnya yang baginya bisa saja keinginan terakhir yang bisa ia wujudkan untuk ayahnya. Dalam perjalanan, mereka menyempatkan diri untuk berkunjung ke Nebraska, kampung halaman sang ayah ketika masih muda. Dalam sekejap, berita tentang Woody yang memenangkan lotre tersebar. Hal tersebut memberikan efek positif maupun negatif dari keluarga besar maupun teman lam Woody.

5. The Judge (2014)

The Judge

Hank Palmer (Robert Downey Jr.) adalah seorang pengacara yang cerdik. Tiba-tiba ia harus kembali ke kampung halamannya di Indiana setelah mengetahui bahwa ibunya telah meninggal. kedatangan Hank menjadi penyulut ketegangan yang telah terjadi diantaranya dengan ayahnya yang merupakan seorang hakim, Joseph Palmer (Robert Duvall). Ayah Hank tidak pernah merestui profesi anaknya karena alasan moral tertentu. Dalam kesempatan ini, Hank juga akhirnya terjun sebagai pengacara untuk ayahnya dalam kasus tabrak lari yang menimpah ayahnya. Drama satu ini mengisahkan tentang hubungan ayah dan anak yang akan membuat para penontonnya terharu pad akhir film.

6. Captain Fantastic (2016)

Captain Fantastic

Ben Cash (Viggo Mortensen) dan istrinya Leslie (Trin Miller) adalah sepasang suami istri yang esentrik. Mereka membesarkan keenam anak mereka jauh dari lingkungan sosial pada umumnya maupun teknologi terkini. Mereka memilih untuk tinggal di pinggiran kota, dekat dengan alam liar untuk membuat anak-anak mereka memiliki pemikiran terbuka, tidak hanya sekedar menghafal buku pelajaran seperti pada pendidikan formal. Mereka juga mengajari anak-anak mereka cara bertahan hidup di alam liar, memiliki kemampuan berburu dan kelenturan tubuh atletis. Hingga kemudian hari sang istri meninggal dunia, Ben harus membawa anak-anak mereka menuju lingkungan sosial dengan keluarga dan saudara-saudara mereka untuk pertama kalinya.

7. Manchester by the Sea (2016)

Manchester by the Sea

Lee Chandler (Casey Affleck) memiliki masa lalu yang tragis dan masih menimbulkan kesedihan mendalam baginya di Manchester by the sea (nama sebuah kota di Amerika). Namun kematian kakaknya membuatnya harus kembali ke kota tersebut karena surat wasiat kakanya yang mengingkan dirinya sebagai wali bagi keponakannya Patrick (Lucas Hedges). Meski dengan berat hati, Lee akhirnya memutukan untuk kembali ke kota tersebut yang pastinya membangkitkan banyak kenangan masa lalu yang indah maupun yan terburuk. Namun demi keponakannya, ia berusaha untuk menjadi orang tua wali yang sekali lagi berusaha untuk memikirkan anggota keluarganya yang sedang membutuhkan.

Komentar disini!

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.