10 Daftar Anime yang Bersuasana Musim Semi yang Wajib Kalian Tonton

Meski saat ini di Jepang telah mencapai akhir musim semi, namun admin kali ini akan berbagi sedikit mengenai anime-anime yang ber suasana musim semi yang wajib kalian tonton. Sekarang di Jepang sedang mengalami musim semi/Spring, yang artinya bahwa dimulainya sebuah awal baru di tahun itu. Terlebih musim semi adalah musim yang paling dinanti-nantikan setiap orang-orang di sana, karena dimusim itu bunga sakura mulai bermekaran, dan suasana musim semi di Jepang akan sangat berbeda dengan musim lainnya.
Mengapa musim semi disebut sebagai awal baru bagi orang-orang Jepang? Karena musim semi adalah awal masuknya Semester baru di sekolah, maupun Kuliah, lalu mendapat teman baru, dan juga akan ada banyak siswa-siswa yang masuk ke sekolah baru seperti dari SD ke SMP, dari SMP ke SMA, dan dari SMA ke Perkuliahan.
Untuk itu, sebuah Situs Ranking terkenal, Charapedia telah  meminta para fans untuk memilih 10 anime yang bersuasana musim semi. Dari 10.000 fans anime yang telah memilih 40 jenis anime yang disediakan oleh Charapedia, 40,7% di antaranya adalah laki-laki, sementara 59,3% adalah perempuan. Namun hasil di bawah ini hanya menunjukkan Top 10 saja, dan berikut di bawah ini hasilnya :

10 – Sakurasou no Pet na Kanojo

Sakurasou no Pet na Kanojo atau biasa disebut The Pet Girl of Sakurasou, merupakan sebuah serial Light Novel dari Jepang yang dibuat oleh Hajime Kamoshida, dan ilustrasi oleh Keiji Mizoguchi

Berkisah tentang sebuah Asrama Sakura  dari sebuah SMA yang berafiliasi dengan Universitas Seni Suimei (sering disingkat sebagai Suiko), yang dihuni oleh siswa-siswa aneh dan suka membuat onar. Setelah dihusir dari asrama biasa karena memelihara kucing liar, Sorata Kanda pindah ke Asrama Sakura.  Berbagai hal lucu dan dan kegiatan jahil ada di sini. Cerita ini mengisahkan tentang kehidupan mereka sehari-hari serta perkembangan mental mereka sebagai remaja.

9 – Kimi ni Todoke

Kimi ni todoke ( Akhirnya ku menemukanmu) adalah sebuah film drama  percintaan tahun 2010 dari Jepang yang berdasarkan manga dengan judul yang sama. Film ini cukup terkenal di kalangan orang, itu karena kisah romantisnya banyak yang mengena di hati para pembaca maupun yang menonton.

Ada yang versi Film Live Action, ada juga yang versi anime, kalian bisa tonton yang mana saja, karena sama-sama bagus ceritanya. Bercerita tentang seorang gadis bernama Sawako Kuronuma yang selalu dihindari oleh teman-teman sekelasnya karena namanya maupun rambutnya yang panjang menyerupai “Sadako” hantu dari film The Rings. Lalu akan seperti apakah kehidupan sekolah yang akan dijalankan Swakao tersebut?

8 – Hyouka

Sebuah Light Novel bergenre misteri Jepang karya Honobu Yonezawa.  Bercerita tentang seorang pemuda bernama Houtarou. Atas permintaan kakaknya, Houtarou Oreki bergabung dengan Klub Literatur Klasik di SMA Kamiyama untuk mencegah penutupan klub tersebut, bersama dengan anggota lainnya yaitu Eru Chitanda, Satoshi Fukube, dan Mayaka Ibara. Cerita ini mengambil latar di Kota Kamiyama, sebuah kota fiktif di Prefektur Gifu, yang didasarkan pada kampung halaman penulis, yang juga berlokasi di Prefektur Gifu.

7 – Tada-kun wa Koi wo Shinai

Tada-kun wa Koi wo Shinai (Tada Never Falls in Love) merupakan salah satu anime yang tayang pada musim ini. Berkisah tentang, Mitsuyoshi Tada, seorang anak lelaki yang belum pernah mengenal cinta, mengambil foto bunga sakura yang mekar ketika dia bertemu Teresa Wagner, seorang mahasiswa pindahan dari Luksemburg.

Setelah tiba di Jepang, dia tersesat, terpisah dari teman perjalanannya. Mitsuyoshi membantunya dan membawanya ke kedai kopi kakeknya. Lalu esok harinya ternyata gadis tersebut sekolah di tempat yang sama dan juga sekelas dengan Mitsuyoshi Tada. Gadis tersebut nantinya akan merubah kehidupan Tada.

6 – Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru

Cerita anime ini berawal dari dua orang penyendiri, Hachiman Hikigaya and Yukino Yukinoshita, yang memiliki kepribadian dan prinsip yang berbeda, tapi mereka saling memberikan bantuan dan saran kepada orang lain sebagai bagian dari Klub Relawan di sekolah mereka, dibantu oleh Yui Yuigahama, seorang gadis yang periang dan ramah. Cerita ini sebagian besar menggambarkan berbagai situasi sosial yang dihadapi oleh remaja di lingkungan sekolah dan masalah psikologis dalam interaksi mereka.

5 – K-On!

K-On! adalah sebuah manga strip komik empat panel yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kakifly. Berkisah tentang Hirasawa Yui, seorang gadis muda yang riang memasuki sekolah menengah pertama,  ketika dia melihat poster yang mengiklankan “Klub Musik”. Dia dengan cepat mendaftar; Namun, Yui memiliki masalah, dia tidak dapat memainkan alat musik. Akan seperti apakah kehidupan sekolah sekaligus karir musiknya nanti?

4 – CLANNAD

Clannad adalah serial anime yang diproduksi oleh Kyoto Animation yang didasarkan dari visual novel buatan KEY.  Menceritakan kisah seorang murid SMA kelas 3 bernama Tomoya Okazaki yang dianggap orang-orang sekitarnya berandalan hanya karena Tomoya sering membolos sekolah. Bagi Tomoya, kehidupannya terasa cukup membosankan.

Sampai akhirnya, pada suatu hari dia bertemu seorang yang kurang percaya diri karena dia harus mengulang kelas karena sakit, Nagisa Furukawa. Sejak saat inilah, kehidupan Tomoya mulai mengalami perubahan drastis. Anime ini sangat menyentuh sekali, mungkin kalian harus bisa menahan tangis bila menonton anime ini..

3 – Cardcaptor Sakura

Menceritakan kehiduapn Sakura Kinomoto yang merupakan anak kelas empat yang berusia sepuluh tahun, sampai suatu hari, ia menemukan buku misterius yang berisi sekumpulan kartu. Sayangnya, dia memiliki sedikit waktu untuk mengatakan apa arti kartu-kartu itu karena dia secara tidak sengaja menggerakkan embusan angin dan secara tidak sengaja juga menyebarkan kartu-kartu di seluruh dunia. Rupanya Kartu-kartu itu bukan permainan biasa. Masing-masing memiliki kekuatan yang luar biasa, kehidupan Sakura pun mulai berubah sejak saat itu.

2 – Hakuouki

Berlatar pada tahun 1864 di Jepang, seorang wanita muda bernama Chizuru Yukimura sedang mencari ayahnya yang hilang, Koudou, seorang dokter  yang pekerjaannya sering membawanya jauh dari rumah. Tapi tanpa kabar dari dia dalam beberapa bulan, Chizuru menyamar sebagai seorang pria dan pergi ke Kyoto untuk mencari nya.

1 – Your Lie in April 

Bercerita tentang pianis luar biasa bernama Kousei Arima. Tapi setelah kematian ibunya Saki Arima, Kousei pun menjadi down, depresi, hingga membuatnya tidak bisa mendengar suara pianonya sendiri.

Dua tahun kemudian, Kousei masih menghindari piano, meninggalkan pengagum dan saingannya, dan hidup tanpa warna bersama teman-temannya Tsubaki Sawabe dan Ryouta Watari. Namun, semuanya berubah ketika ia bertemu seorang pemain biola yang cantik, Kaori Miyazono, yang telah mengganggu  kehidupannya dan membuatnya melakukan untuk menghadapi dunia musik lagi.

Kalian bisa menonton film versi anime maupun versi Live Actionnya. Cerita anime ini sangat menyentuh hati, karena ada kejadian yang dapat membuat orang yang menontonnya juga ikut Down. hehe.

 

Sepertinya posisi pertama ditempati oleh Your lie in April, anime tersebut memang tergolong inspiratif dan cukup sedih serta banyak yang menyukainya. Selain itu  49% suara dari wanita  telah membuat anime  Hakuouki di tempat kedua, yang bahkan mengalahkan  anime populer seperti Cardcaptor Sakura, Oregairu, dan K-On !

Namun, semua itu adalah pemilihan dari 10.000 orang yang memilih di situs ranking Charapedia, jadi kalau menurut kalian sendiri, anime mana yang menurut kalian bersuasana musim semi yang wajib tonton di musim semi tahun ini?

Source: Charapedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.