Review Film Bird Box : Cerita Yang Unik Dan Menegangkan

reviewbirdbox

Untuk yang belum pernah menonton film Bird Box sebaiknya jangan membaca ini karena mengandung spoiler. Akhir 2018 berdekatan dengan perayaan hari natal, Netflix merilis film Bird Box yang menceritakan bagaimana dunia berakhir. Film yang mengusung thriller ini mempunyai cerita dan daya tarik yang cukup unik. Jika film A Quite Place mengusung tema yang karakternya tidak boleh bersuara, maka Bird Box menceritakan mengenai karakter yang tidak boleh melihat. Cerita film Bird Box 2018 ini cukup menegangkan karena menyajikan sebuah akhir dari dunia karena sebuah makhluk tak kasat mata.

Pada awal film berlangsung, menceritakan terjadinya latar waktu sekarang. Mallorie (Sandra Bullock) sedang melakukan perjalanan panjang melalui sungai dengan penutup mata. Ia melakukan perjalanan bersama dua orang anak, yaitu Boy dan Girl.

Lalu beberapa menit kemudian kembali ke masa lampau 5 tahun yang lalu. Mallorie sedang hamil tua dan hampir mendekati kelahiran. Bersama saudara kandungnya, Jessica (Sarah Paulson), Mallorie memeriksa kandungannya ke rumah sakit. Mallorie melihat berita mengenai terjadinya bunuh diri massal yang ada di Rusia usai melihat sebuah makhluk yang misterius.

Setelah tiba di rumah sakit, ia menyaksikan seseorang yang membenturkan kepalanya ke kaca. Tiba tiba suasana menjadi kacau. Mallorie dan Jessica langsung pergi meninggalkan rumah sakit itu. Namun naas, Jessica tiba tiba tidak tersadar dan melihat makhluk misterius itu. Ia menabrakan mobilnya, keluar mobil lalu menabrakan badannya ke sebuah truk yang lewat kencang.

Selain memiliki cerita yang unik, film ini juga mempunyai alur maju mundur. Walaupun memiliki 2 alur, film ini tetap dapat dicerna secara mudah bagi siapapun.

Makhluk misterius yang menyebabkan seseorang bunuh diri bagi siapapun yang melihatnya

birdbox2

Pada menit menit awal penonton akan dibuat penasaran dengan penyebab terjadinya kekacauan tersebut. Sang sutradara, Susanne Bier mengkemas film Bird Box dengan rapih dan terkonsep dengan baik. Alur maju dan mundur membuat kharisma tersendiri di film ini. Namun, Susanne Bier tidak menjelaskan bagaimana awal penyebab hadirnya sang mahluk “tak kasat mata” ini.

Setelah melihat saudaranya sendiri bunuh diri, Mallorie lari dan menemukan sebuah rumah. Ia bertemu dengan beberapa orang lainnya yang terjebak di kekacauan tersebut. Mereka terus bertahan hidup tanpa keluar rumah. Mereka juga menutup semua jendela dan pintu agar tidak bisa melihat makhluk misterius tersebut.

Satu persatu, yang ada didalam rumah tersebut mulai meninggal dan bunuh diri dengan berbagai cara. Sampai akhirnya Mallorie berjuang dengan satu pria yaitu Tom (Trevante Rhodes) di rumah itu.

birdbox1

Setelah menceritakan alur mundur, tiba tiba alur menjadi maju secara menyeluruh di pertengahan film. Mallorie melahirkan anak laki laki dan hanya dipanggil sebagai “Boy”. Sedangkan anak perempuan tersebut adalah seorang bayi dari kawanan rumah tersebut dan dipanggil sebagai “Girl”. Ia merawat kedua anak tersebut bersama Tom.

Pada suatu hari, Mallorie dan Tom mendapatkan kabar dari radio bahwa ada sebuah tempat yang aman bagi mereka. Mereka berencana akan melakukan perjalanan kesana melalui sungai. Namun, Tom tidak berhasil selamat karena beberapa kawanan orang yang kebal terhadap makhluk ini berusaha membunuh dia.

Mallorie pun melakukan perjalanan dengan 2 orang anak menyelusuri sepanjang sungai selama 36 jam lebih. Akhirnya ia sampai ke tempat itu. Ternyata tempat itu berisi banyak orang yang mengalami tuna netra sehingga mereka selamat dari makhluk misterius tersebut. Mallorie dan kedua anaknya pun selamat tanpa menjelaskan bagaimana awal dari makhluk tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Film Bird Box

birdbox

Bird Box adalah sebuah film yang diadaptasi oleh sebuah novel karya Josh Malerman yang berjudul sama seperti filmnya. Film ini menyajikan pemandangan yang menegangkan sepanjang filmnya. Film ini juga cukup berberda dengan film thriller yang lainnya. Selain itu sang karakter utama, Mallorie (Sandra Bullock) memerani karakter dengan baik sebagai tokoh yang pemberani dan pelindung bagi Boy dan Girl.

Walaupun memiliki cerita yang unik, film ini masih kurang fokus dalam beberapa adegan di cerita. Sang sutradara tidak menyeritakan bagaimana awal makhluk tersebut hadir di Rusia dan tiba tiba mejangkiti Amerika. Selain itu, ada beberapa peran tokoh pendukung yang kurang menonjol.

Kekurangan tersebut dapat teratasi dengan durasi film Bird Box yang waktunya lama namun tidak terasa selama 2 jam lebih. Film Bird Box mendapatkan skor rating 6,7 dari IMDB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.