5 Film Bertema Sekte, Dijamin Bikin Merinding!

Film bertema sekte merupakan salah satu jenis film bergenre horror . Tema satu ini biasanya mengangkat cerita tentang perkumpulan atau ritual supernatural yang sesat dan mengundang roh jahat yang mengutuk maupun meneror sang pelaku sekte. Ada banyak film sekte yang telah dirilis di dunia perfilman. Salah satu contoh film bertema sekte yang sempat trending di Indonesia adalah Pengabdi Setan pada tahun 2018 lalu.

Tak hanya film dalam negeri, film tentang sekte telah diadaptasi oleh banyak film horror Hollywood maupun rumah prouksi indie. Ingin menonton lebih banyak lagi film bertema pemujaan pada roh jahat? Berikut beberapa rekomendasi film bertema sekte yang bisa kamu tonton.

1. The Craft (1996)

Jika kamu mengaku penggemar film sekte, jangan sampai melewat salah satu film sekte ikonik berjudul The Craft. Film ini rilis pada tahun 1996, dibintangi oleh sederet akrtis muda Amerika, mulai dari Robin Tuney, Fairuza Balk, Neve Campbell, dan Rachel True.

The Craft merupakan film misteri yang berceraita tentang sekumulan anak remaja gadis yang tidak puas akan kehidupannya. Dimulai dari Sarah, murid baru pindahan dari Los Angeles yang akhirnya menjadi anggota ke empat dari sekumpulan remaja gadis, Bonnie, Nancy, dan Rochelle, yang hendak melakukan ritual untuk mendapatkan kekuatan sihir.

2. Suspiria (2018)

film-bertema-sekte-2

Suspiria merupakan film bertema sekte klasik yang memiliki versi remake pada 2018 lalu. Saya merekomendasikan versi remake 2018 karena versi satu ini memiliki tampilan cinematografi dan visual yang lebih artistik dan menarik.

Berlatar pada tahun 1970-an, film satu ini memiliki kisah tentang Susie Bannion (Dakota Johnson) yang datang ke Berlin, Jerman untuk menjalani audisi menari di Helena Markos Dance Co. Ada yang tidak biasa dari gedung kesenian tari kontemporer satu ini. Kehadiran Susie pun memberikan energi baru pada gedung yang memiliki rahasia berhubungan dengan hal gaib tersebut.

Film ini memiliki aura misterius dari awal hingga mendekati akhir. Awalnya anda tidak akan menyakah bahwa film ini adalah film sekte, namun bersiaplah untuk terkejut dan merasa binggung pada akhir film.

3. Hereditary (2018)

film-bertema-sekte-3

Masih dari tahun yang sama, Hereditary merupakan salah satu film horror terbaik pada tahun 2018. Diproduksi oleh A24 yang terkenal memproduksi berbagai film drama berkualitas. Film satu ini sempat dibilang mirip dengan Pengabdi Setan-nya Indonesia. Sebetulnya film ini hanya memiliki tema yang sama dan latar belakang yang cukup sama, namun secara cerita kedua film ini memiliki jalan cerita yang berbeda.

Hereditary bercerita tentang keluarga Graham yang baru saja berkabung setelah meninggalnya sang nenek. Namun tak lama setelah itu, keluarga ini harus berkabung lagi atas meninggalnya sang anak perempuan secara tiba-tiba. Annie Graham, sang ibu yang sangat terpukul dan dirundung kesedihan mendalam akhirnya menemukan cara tidak biasa untuk berkomunikasi lagi dengan sang anak yang telah tiada. Namun, keputusan tersebut akhirnya membuka tabir rahasia keluarga mereka yang mewarisi hal supernatural dari sang nenek.

4. Get Out (2017)

Jordan Peele membuktikan bahwa dirinya tidak hanya sukses sebagai komedian, namun juga sebagai sutradara film horror. Salah satu karya debutnya dalam industri film horror adalah Get Out pada awal tahun 2017. Film ini merupakan film horror pertama yang sempat masuk dalam nominasi Oscar 2018. Pada malam penghargaan tersebut, Get Out berhasil memenangkan penghargaan Oscar dalam kategori Best Original Screenplay.

Get Out bercerita tentang Chris yang diperankan oleh Daniel Kaluuya, pemuda kulit hitam yang gugup karena hendak bertemu dengan orang tua dari pacarnya yang merupakan keluarga ras kulit putih. Sempat takut mengalami penolakan, Chris ternyata disambut hangat oleh keluarga Armitage. Namun, hal ganjal mulai terasa seiring berjalannya waktu Chris singgah di rumah keluarga pacarnya tersebut.

5. Eyes Wide Shut (1999)

Berikutnya adalah film dai sutradara legendaris, Stanley Kubrick. Eyes Wide Shut merupakan film bertema sekte dengan tema sensual yang akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Dalam film lawas ini, kamu bisa melihat Tom Cruise dan Nichole Kidman beradu akting.

Bercerita tentang Bill Hartford dan istrinya, Alice yang memiliki isu kepercayaan dalam pernikahan mereka. Bill pun muai memliki obsesi menantang dirinya untuk berselingkuh dari istrinya. Hingga suatu hari ia secara tidak sengajah masuk dalam sekte elit dengan aktifitas sekual yang tidak biasa.

Sudah menjadi ciri khas bagi film Kubrick untuk memiliki visualisasi yang dramatis dan memukau. Namun dalam segi cerita, film satu ini sangat berbeda dengan berbagai film misteri yang pernah ia garap.

Itu tadi berbagai rekomendasi film bertema sekte yang bisa kamu tonton!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.