Perbedaan Mulan Live Action Dengan Mulan Animasi

Tampaknya Walt Disney Studio sedang gencar membuat berbagai film live action dari beberapa tahun belakangan ini. Satu lagi film live action yang diadaptasi dari salah satu jajaran Classic Disney Princess yaitu Mulan live action. Mulan pertama kali rilis pada tahun 1998 sebagai film animasi musikal tentang seorang gadis bernama Fa Mulan yang menyamar sebagai laki-laki untuk menjadi tentara, menggantikan ayahnya yang sakit.

“Mulan” versi live action akan rilis pada 27 Maret 2020 mendatang. Dibintangi oleh aktris berdarah Tiongkok, Liu Yifei, dari trailer pertama telah tampak banyak perbedaan dari versi animasi lawasnya. Apa saja sih, perbedaan Mulan live action dengan versi animasinya? Simak informasi berikut Ini!

1. Mulan Berganti Penampilan dan Nama

mulan-live-action-1

Dalam versi live action kali ini nama karakter utama Disney Princess satu ini berubah menjadi Hua Mulan. Melihat dari pergantian nama ini, tampaknya sang sutradara, Niki Caro mengangkat kisah Mulan dari versi aslinya yaitu “Ballad of Mulan”. “Ballad of Mulan” merupakan sebuah karya puisi Cina kuno dari abad keenam. Puisi inilah yang menjadi refrensi awal dari kisah Mulan animasi 1998 yang dibuat lebih ringan dan santai mengingat Disney menargetkan penonton anak-anak.

Tak hanya nama, tampilan Hua Mulan juga berbeda dengan Fa Mulan. Kamu bisa lihat jubah merah yang garang sekaligus anggun yang dikenakan oleh Liu Yifei. Mulan juga tidak memotong pendek rambutnya, rambut hitam menawannya dibiarkan tergerai yang membuat aktris berdarah Asia ini tampak cantik dalam trailer.

2. Tidak Akan Ada Mushu dan Li Shang

mulan-live-action-2

Sangat disayangkan bahwa Mulan live action menghapus beberapa karakter dari versi animasinya. Tak tanggung-tanggung, dua karakter pendukung ikonik dari versi animasi Mulan yaitu Mushu dan Li Shang sudah dicoret dari daftar karakter Mulan 2020. Kalau kamu masih ingat, Mushu adalah sosok naga kecil yang banyak bicara namun selalu setia menemani Mulan. Mushu juga memberikan unsur komedi pada animasi Mulan dengan Eddie Murphy sebagai pengisi suaranya. Sosok naga jenaka satu ini akan digantikan dengan karakter buruk merak sebagai roh pelindung dari keluarga Hua.

Sementara Li Shang adalah jenderal perang yang memiliki hubungan spesial dengan Mulan. Li Shang akan digantikan dengan Chen Honhui yang akan diperankan oleh aktor Yoson An. Chen Honhui kabarnya akan menjadi karakter yang memiliki hubungan asmara dengan Mulan di versi terbaru mendatang.

3. Tidak Ada Unsur Musikal

mulan-live-action-3

Berbeda dengan film-film live action Disney yang lain seperti Aladdin dan The Lion King, Mulan live action juga akan menghilangkan unsur musikal. Jadi kamu tidak akan mendengarkan aransemen terbaru dari jajaran soundtrack animasi Mulan yang ikonik seperti “Reflection”, “I’ll Make The Man Out of You”, dan lagu-lagu nostalgia lainnya dari versi animasinya. Ya, jadi gak bisa sing-a-long, deh waktu nonton dibioskop nanti.

4. Mulan Tidak Menyamar Jadi Laki-Laki

mulan-live-action-4

Jika memang versi live action satu ini mengadaptasi puisi kuno, “Ballad of Mulan”, maka Mulan tidak menyamar sebagai laki-laki. Dalam balada tersebut, masa kekaisaran pada saat itu memperbolehkan wanita untuk ikut berperang. Hua Mulan bahkan tidak kabur dari  rumah. Ia menggantikan posisi ayahnya yang sedang sakit dan mendapatkan restu dari keluarga. Ia bahkan mendapatkan pedang warisan dari leluhurnya untuk berperang membela Cina.

5. Banyak Adegan Laga Dan Perang

Berbeda dengan animasi Mulan 1998, versi live action kali ini akan menghadirkan banyak adegan laga dan perang yang epic. Bisa dilihat dari trailernya, sosok Hua Mulan tampak lebih garang dan lihai dalam menggunakan senjata dan bela diri. Film ini juga tampak seperti film Cina kolosal yang dengan cinematografi yang menakjubkan. Film Mulan live action menjalani proses di dua negara berbeda. Adegan perang diambil di New Zealand yang terkenal dengan pemandangan alam terbukanya yang masih terjaga kelestariannya. Sementara beberapa adegan lainnya diambil di Cina.

Muncul banyak tanggap pro dan kontra dari banyaknya perbedaan antara Mulan live action dengan versi animasi lamanya yang telah menjadi film masa kecil untuk sebagaian besar penonton setia Disney. Namun film ini tetap layak untuk dinantikan, lho. Ada banyak aktor Asia yang akan meramaikan film ini, mulai dari Jet Li hingga Donnie Yen. Kalau kamu, apa masih tertarik untuk menonton Mulan versi live action? Kita nantikan saja hingga film satu ini rilis tahun 2020 mendatang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.