5 Kontroversi Film Disney Live Action

Beberapa tahun belakangan ini, telah banyak film Disney live action yang diproduksi oleh Walt Disney Studio. Mulai dari The Jungle Book pada tahun 2016 yang mendapat respon dan komentar positif, hingga deretan film dari jajaran Disney Classic Princess seperti Cinderella (2015), The Beauty and The Beast (2017), dan masih banyak lagi. Tahun ini pun ada beberapa film Disney live action yang tanyang di bioskop, mulai dari Aladdin hingga The Lion King.

Tak semua film versi live action Disney mendapatkan tanggapan positif dari penikmatnya. Beberapa film malah menimbulkan kontroversi tersendiri yang ramai dibicarakan. Berikut beberapa kontroversi yang pernah menyerang film-film Disney live action.

1. Karakter LGBT dalam film The Beauty and The Beast (2017)

The Beauty and The Beast merupakan salah satu film live action dari Disney yang trending pada tahun 2017 silam. Sukses meraup keuntungan hingga 1,26 miliar dollar Amerika Serikat, film live acttion musikal ini memang menyuguhkan visual CGI yang mutakhir dan berhasil menghidupkan berbagai karakter fantasi dari film animasinya. Dibintangi oleh Emma Watson dan Dan Stevens, The Beauty and The Beast live action memberikan pengalaman terbaru dari animasi klasik satu ini.

Namun, dibalik antusiasme para penggemarnya, film ini sempat dicekal di Alabama, Amerika Serikat karena memiliki karakter gay bernama Le Fou (Josh Gad). Le Fou dianggap menunjukan ras kagum yang tidak biasa pada Gaston (Luke Evans). Konten LGBT ini dianggap tidak pantas untuk ada dalam film anak-anak.

2. Film Dumbo (2019) yang Suram

Apa yang ada dibayangkan ketika berekspektasi tentang Dumbo? Pastinya gajah kecil yang lucu dan nuansa karnival yang ceria. Dumbo merupakan salah satu karakter paling lawas dari Walt Disney Studio. Animasi satu ini juga telah diangkat sebagai salah satu film Disney live action pada bulan Maret 2019 lalu. Di sutradarai oleh Tim Burton dan dibintangi oleh Collin Farell, film remake satu ini menuai kritikan negatif.

Film Dumbo live action dianggap terlalu suram untuk anak-anak. Film Dumbo remake didominasi dengan warna-warna suram pada latar belakangannya sekalipun menganut tema karnival yang ceria. Hal ini mungkin karena ciri khas dari Tim Burton yang selalu memberikan unsur suram pada setiap karya filmnya. Penonton juga merasa kecewa karena Dumbo tidak berbicara seperti pada versi animasi lamanya.

3. Genie Tidak Berwarna Biru Pada Poster Perdana Aladdin (2019)

disney-live-action-3

Aladdin merupakan salah satu film Disney live action yang rilis dibioskop pada tahun ini, tepatnya pada bulan Juni 2019 lalu. Pada poster perdananya, Aladdin, Putri Jasmine, dan Genie tampil sebagai sampul majalah People. Berbagai protes langsung membanjiri sosial media karena penampilan Will Smith sebagai Genie yang tidak berwarna biru seperti pada versi animasinya.

Will Smith pun langsung memberikan tanggapan melalui akun pribadi Twitter miliknya bahwa tampilan tersebut adalah penampilan menyamarnya sebagai manusia. Selama film, ia akan tampil dengan editan CGI berkulit biru sebagai sosok jin dari lampu ajaib. Meski telah memberikan klarifikasi, para netizen masih saja memberikan komentar pedas hingga membandingkan Will Smith dengan mendiang Robbin William sebagai pengisi suara original Genie.

Namun Will Smith berhasil menunjukan akting dan performa yang seru setelah film Aladdin tampil dibioskop.

4. Berbagai Komentar Negatif Pada Mulan Live Action (2020)

Disney’s MULAN Mulan (Yifei Liu) Photo: Stephen Tilley © 2018 Disney Enterprises, Inc. All Rights Reserved.

Mulan telah mendapatkan trailer resmi dan akan tayang dibioskop pada 27 Maret 2020 mendatang. Kalau film Disney live action satu ini menimbulkan kontroversi yang cukup banyak. Ada berbagai keputusan produksi yang ternyata tidak diterima oleh penggemar animasi Mulan pada tahun 1998. Mulai dari menghilangnya karakter pendukung Li Shang dan Mushu si naga merah sahabat Mulan. Hingga dihilangkan unsur musikal dari film remake satu ini.

5. Ariel Berkulit Hitam Pada Little Mermaid Live Action

disney-live-action-5

Baru-baru ini juga Walt Disney Studio merilis pengumuman resmi tentang proyek film live action berikutnya yaitu The Little Mermaid. Pemeran Ariel pun juga langsung diumumkan beserta beberapa pemeran lainnya. Halle Bailey, penyanyi berusia 19 tahun dari duo chloexhalle pun ditunjuk sebagai Ariel. Halle Bailey yang memiliki kulit hitam pun di protes tidak memenuhi syarat secara fisik untuk memerankan putri duyung berambut merah tersebut. Namun Halle menerima pembela dari aktor Donald Glover yang menjadi pengisi suara Simba hingga pengisi suara Ariel animasi, Jodi Benson. Itu tadi berbagai kontroversi yang pernah muncul dari beberapa film Disney live action. Apa ada kontrovesi di atas yang kamu setujui?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.