Film Us Review – Pembuktian Jordan Peele Sebagai Sutradara Konsisten

Film Us merupakan salah satu judul thriller yang sempat trending pada awal tahun ini. Setelah sukses debut sebagai sutradara genre thriller melalui film Get Out pada tahun 2017 silam, tahun ini Jordan Pelee kembali dengan karya terbarunya, Us. Us merupakan film bergenre thriller horror yang dibintangi oleh Lupita Nyong’o dan Winston Duke, keduanya pernah bermain di film Marvel Studio, Black Panther (2018). 

Dengan modal 20 juta dollar Amerika, film ini berhasil menuai penghasilan Box Office hingga 254,7 juta dollar Amerika. Tak hanya ajang pembuktian Jordan Peele sebagai sutradara, kamu juga bisa melihat kemampuan akting dari para pemain di film ini yang maksimal dan berhasil membangkitkan kengerian teror sosok kembaran jahat masing-masing. Berikut review lengkap dari film Us. 

Sinopsis Film Us

film-us-1

Bersama dengan suami dan kedua anaknya, Adelaide (Lupita Nyong’o) kembali ke tempat tinggal masa kecilnya di sebiah pemukiman dengan pantai. Namun, rupanya Adelaide masih dihantui oleh kejadian traumatik yang pernah terjadi padanya saat masih kecil. Ia tidak dapat menikmati liburan dengan tenang dan selalu merasa hal buruk akan terjadi pada dirinya dan keluarga. 

Hingga akhirnya ketakutan Adelaide menjadi nyata, ketika pada malam sekumpulan orang berusaha menerobos masuk rumahnya. Bukan penjahat biasa, sekumpulan orang tersebut ternyata memiliki wujud yang sama dengan dirinya beserta suami dan anak-anaknya. Apakah yang diinginkan oleh para kembaran jahat tersebut?

Jordan Peele Menunjukan Ciri Khas Dalam Filmnya

film us 2

Sebagai sutradara pendatang baru dalam industri film thriller, Jordan berhasil tampil dengan ciri khas pribadi pada film pertama yang dilanjutkan dengan kesuksesan film keduanya, Us. Ada beberapa kesamaan unsur dalam film karya sutradara satu ini yang dipertahankan. Diantaranya adalah, jajaran aktor utama berkulit hitam yang berbakat hingga plot twist pada penulisan cerita yang akan membuat para penonton mengangah pada akhir film. 

Kisah horror yang dibawakan pun memiliki ciri khas yang unik ala Jordan Peele. Mungkin sebagai contoh kita bisa melihat novelis Stephen King yang memiliki gaya tersendiri setiap kali menciptakan kisah horror pada novelnya. 

Tak sekedar teror hantu atau kisah maniak gila yang sadis, Jordan selalu menghadirkan konsep kengerian yang original. Kisah tentang kembaran jahat dengan jubah merah dan gunting emas sebagai senjata, apa kamu pernah menonton film dengan karakter seperti ini sebelumnya? Hal ini pun berhasil membuat Jordan Peele sebagai sutradara yang ikonik di era modern ini. 

Cerita Original Dengan Plot Twist Bikin Merinding

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, film Us merupakan salah satu film horror dengan ide original. Desain karakter serta pengembangan ceritanya pun memiliki rumus yang rapi dan berhasil membuat penonton merasa ngeri dan tidak nyaman. Film Us memiliki alur cerita yang penuh dengan flashback dengan misteri tersendiri. Hal ini membuat penonton akan merasa “dipermainkan” karena kamu akan selalu memiliki asumsi yang bisa benar maupun salah. 

Plot twist-nya pun muncul ketika mungkin anda sebagai penonton telah memiliki asumsi tertentu, lalu dipatahkan dengan plot twist itu sendiri. 

Namun, ada sedikit ketidakjelasan pada akhir cerita yang sedikit menggantung. Mungkin sebagai penonton anda akan banyak bertanya, sebetulnya apa maksud dari teror yang sedang terjadi. Untuk masalah dari karakter utama sendiri sudah cukup ditampilkan jelas meski akan membuat kamu sebagai penonton terkejut. 

Kualitas Akting Pemain Pilihan

Salah satu aspek yang membuat film Jordan Peele berhasil dieksekusi adalah kualitas akting dari para pemain filmnya. Lupita Nyong’o memang sudah terbukti sebagai aktris berbakat semenjak kemunculan pada film 12 Years a Slave (2013). Namun, kemampuan akting Lupita rupanya tidak terbatasi oleh genre apapun. Lupita juga bisa bermain “gila” dengan peran eksentrik sebagai kembaran jahatnya. Tak hanya Lupita, jajaran pemain lain seperti Winston Duke sebagai Abraham hingga pemain muda Shahadi Wright Joseph sebagai Umbrae dan Evan Alex sebagai Pluto, masing berhasil tampil 180 derajat berbeda pada setiap scene. 

Sinematografi Artistik, Tak Sekedar Jumpscare

cr: Claudette Barius/Universal Pictures

Kebanyakan film pada umumnya membuat penonton terkejut dengan jumpscare yang klasik. Salah satu ciri khas Jordan Peele adalah tidak mengandalkan jumpscare yang tidak penting. Sinematografi yang dihadirkan lebih bersifat artistik dan berhasil membuat penonton merasakan ketegangan dengan cara yang berbeda. 

Mulai dari adegan prolog dan berbagai adegan flashback dari film Us, semuanya diambil dan diedit dengan cara yang menarik sehingga film horror garapan Jordan selalu memiliki unsur artistik yang tak kalah dengan film drama berkualitas tinggi.

Rating: 9/10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.