Rekomendasi Film Drama Hitam Putih Modern

Film drama hitam putih identik dengan film lawas. Namun ternyata, masih banyak sutradara modern yang mengaplikasikan filter ini pada film-film modern mereka. Filter merupakan salah satu unsur dalam sinematografi sebuah film. Pemilihan filter yang sesuai akan membuat film tampak lebih dramatis dan memiliki ciri khas. Filter hitam putih merupakan filter yang membuat film tampak lebih dramatis dan memiliki nuansa lawas. 

Film drama hitam putih di era modern biasanya mengangkat cerita yang memiliki muatan sejarah. Beberapa sutradara juga memilih menggunakan filter hitam putih sekedar untuk membuat sinematografi lebih tampak teduh dan tenang. Cocok untuk film-film drama tentang kehidupan. Berikut beberapa rekomendasi film hitam putih modern yang patut kamu tonton. 

1. Schindler’s List (1993)

film-drama-hitam-putih-1

Film garapan sutradara Steven Spielberg satu ini merupakan film bermuatan sejarah tentang Perang Dunia II. Merupakan kisah nyata tentang salah seorang dari partai Nazi, Oskar Schindler, yang awalnya hendak mencari untung dari situasi perang untuk membangun bisnis. Ia pun mempekerjakan para orang Yahudi agar tidak perlu masuk ke kemah konsentrasi Nazi. Awalnya Oskar memilih untuk tidak melibatkan hatinya, hingga akhirnya ia sadar, ia benar-benar memiliki hati untuk menyelamatkan sebanyak mungkin orang Yahudi untuk masuk dalam daftar miliknya. 

Steven Spielberg memilih filter hitam putih untuk membangkitkan nuansa jaman dahulu. Pilihan ini juga tanpa disadari dapat menyensor berbagai adegan kekerasan dan sadis dari film ini. 

2. Nebraska (2013)

Berikutnya merupakan film drama hitam putih yang dibuat pada era yang sangat modern. Nebraska merupakan kisah tentang seorang pria tua bernama Woody Grant yang percaya bahwa dirinya memenangkan sebuah lotre bernilai besar. Namun, seluruh anggota keluarganya beranggapan bahwa itu adalah lotre palsu. Tapi Woody tetap bersikeras ingin pergi ke Nebraska untuk mengambil hadiah tersebut. Hingga akhirnya salah satu anak laki-lakinya, David Grant, memutuskan untuk mengantar sang ayah untuk pergi ke Nebraska. Apakah Woody berhasil memenangkan lotre tersebut?

Film ini memiliki alur cerita yang santai, tenang, dan dibawakan secara natural. Sangat dalam mengangkat makna tentang hubungan seorang anak dan orang tua. Film ini akan membuat kamu berpikir; kapan lagi sih, kita bisa mewujudkan keinginan orang tua kita?

3. Frances Ha (2012)

film-drama-hitam-putih-3

Berikutnya film drama hitam putih modern yang dibintangi oleh Greta Gerwig. Mungkin kamu lebih mengenal sosok satu ini sebagai sutradara dari film Lady Bird. Frances Ha merupakan film drama kehidupan dengan topik yang cukup menarik dan pasti pernah dihadapi oleh semua orang; midlife crisis. Frances telah berusia 27 tahun, namun jalan hidupnya masih tidak jelas. Karirnya sebagai penari semakin hari semakin memburuk, ditinggal oleh teman-teman yang mulai sukses, hingga pindah-pindah tempat tinggal karena tidak pernah sanggup membayar biaya sewa sepenuhnya. 

Dibawakan dengan sinematografi hitam putih, film ini tampak sederhana, artistik, dan fokus dalam membawakan cerita yang sangat mengalir natural. 

4. Roma (2018)

film-drama-hitam-putih-4

Rekomendasi film drama hitam putih berikutnya adalah Roma. Film satu ini telah dinobatkan sebagai salah satu film terbaik pada tahun 2018. Telah memenangkan berbagai penghargaan, salah satunya adalah Oscar 2019 lalu. Disutradarai oleh Alfonso Cuaron, film ini berlatar pada kota Mexico pada tahun 1970-an. Dengan fokus cerita pada seorang gadis yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga bernama Cleo. 

Sinematografi yang dramatis merupakan keunggulan pertama pada film ini. Dengan teknik one long shot yang minim dialog dan tampak sangat natural. Hampir seperti film dokumenter yang artistik. Namun, bagi kamu yang kurang suka cerita drama realistis dengan alur cerita lambat, film ini mungkin akan cukup membosankan buat kamu. 

5. Ida (2013)

Berikutnya merupakan film dari Polandia berjudul Ida. Bercerita tentang seorang murid biarawati bernama Anna yang akan mengambil sumpah untuk mengabdi pada agama Katolik. Namun, sebelum dirinya mengucapkan sumpah tersebut, ia mengetahui dari keluarganya bahwa ia terlahir bukan sebagai seorang Katolik melainkan Yahudi. Ia pun melakukan perjalanan ke kampung halamannya untuk mencari tahu sejarah keluarganya dan yang terpenting adalah; untuk mencari tahu jati dirinya. 

Film ini berlatar pada tahun 1962, sinematografi hitam putih dan frame yang minimalis dalam setiap adegan, membuat film Ida tampak artistik dan mengagumkan. Film ini telah berhasil memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2014. 

6. Frantz (2016)

Rekomendasi film drama hitam putih berikutnya adalah Frantz. Film dengan perpaduan dua budaya, Jerman dan Perancis satu ini mengangkat tema Perang Dunia I. Bukan dalam bentuk film action, namun film melodrama pasca perang yang meninggalkan kesedihan. Salah satunya pada seorang wanita Jerman bernama Anna yang harus kehilangan calon suaminya, Frantz. Di tengah kesedihannya, tiba-tiba muncul seorang pria Perancis, Adrien, yang mengaku sebagai rekan tentara tunangannya. Melalui perjumpaan tersebut, Anna mengenal kepribadian Adrien yang lembut sekaligus hubungannya dengan Frantz.

Itu tadi beberapa rekomendasi film drama hitam putih modern yang bisa kamu tonton!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.