Film Tentang Perang Dunia Kedua yang Dramatis

Film tidak hanya sebagai media hiburan, film juga bisa menjadi media informasi. Banyak film diangkat dari kisah nyata. Mulai dari biografi tokoh tertentu, hingga peristiwa sejarah. Salah satunya adalah film tentang perang dunia kedua. Telah banyak film dengan tema perang dunia kedua yang diproduksi oleh Hollywood. 

Bahkan hingga saat ini industri perfilman masih terus mencari referensi dalam membuat film dari peristiwa besar tersebut. Dalam film layar lebar, film bermuatan sejarah akan tampak lebih menarik dengan visual dan jalan cerita yang lebih dramatis. Kamu jadi mendapatkan informasi baru dengan cara yang menyenangkan. Berikut beberapa film tentang perang dunia kedua yang patut kamu tonton. 

1. Dunkirk (2017)

film-tentang-perang-dunia-kedua.jpg

Christopher Nolan terkenal dengan berbagai filmnya yang original dan memutar otak. Namun kali ini, sutradara kondang satu ini mendapat kesempatan untuk membuat film bermuatan sejarah. Dunkirk, merupakan film tentang misi evakuasi tentara Inggris, Perancis, dan Belanda yang terjebak di pantai Dunkirk. Tak hanya terjebak, mereka juga secara terus menerus mendapatkan serangan udara dari tentara Jerman. 

Film satu ini memiliki sinematografi yang dramatis dengan alur cerita yang tidak berurut khas Christopher Nolan. Tidak ada pemeran utama, setiap adegan memiliki perspektif masing-masing yang membuat kita sebagai penonton mampu memahami situasi dari segala sudut pandang. Perhatikan film dengan baik jika ingin memahami keseluruhan ceritanya, ya!

2. Darkest Hour (2017)

Film tentang perang dunia kedua berikutnya juga merupakan film biografi Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris. Film satu ini merupakan kisah dibalik peristiwa yang ada di Dunkirk. Pada saat itu, banyak para petinggi di pemerintahan Inggris yang memilih untuk menyerah pada Hitler dan tidak mengevakuasi tentara yang terjebak di Dunkirk. Namun, hanya Winston Churchill yang tetap berniat untuk tidak menyerah meski hingga darah penghabisan. 

Film sejarah yang penuh dengan materi dan politik perang satu ini dijamin akan menarik untuk ditonton.Gary Oldman mengalami perubahan drastis dalam film ini berkat make-up artis yang berbakat. Akting Gary sendiri berhasil menghidupkan karakter Winston Churchill yang keras kepala dan nasionalis. Secara visual dan pembawaan cerita pada layar lebar, film ini memiliki visual yang dramatis dan akan membuat kamu takjub. 

3. The Pianist (2002)

Perang dunia tidak hanya memberikan dampak bagi tentara dan petinggi negara, namun juga rakyat jelata. Salah satunya adalah Wladyslaw Szpilman, seorang pianis radio yang memiliki darah Polandia Yahudi. Menjadi kaum yang ditindas pada masa pemerintahan Nazi, Wladyslaw mengalami banyak hal ketika perang dunia kedua. Mulai dari kehilangan haknya untuk hidup normal, hingga harus masuk kemah konsentrasi Jerman dan diperlakukan dengan tidak baik. Ia pun pada akhirnya memutuskan untuk kabur dan hidup dalam pelarian. 

Kisah ini diangkat dari kisahnya Wladyslaw yang diabadikan dalam sebuah autobiografi berjudul “The Pianist: The Extraordinary True Story of One Man’s Survival in Warsaw, 1939 – 1945”. 

4.  Schindler’s List (1993)

Di tengah kengerian dan dinginnya rezim Nazi, masih ada orang yang berhati mulia untuk membantu para orang Yahudi. Oskar Schindler adalah seorang pebisnis yang juga menjadi bagian dari partai Nazi. Ia merekrut banyak orang Yahudi untuk bekerja di perusahaannya agar tidak dimasukan dalam kemah konsentrasi Jerman yang penuh dengan siksaan dan perlakuan tidak manusiawi. Awalnya Oskar hanya ingin menjalankan bisnisnya, hingga hati nuraninya secara perlahan menyadari betapa pentingnya menyelamatkan orang-orang Yahudi tersebut. 

Kisah ini benar-benar diangkat dari kisah nyata Oskar Schindler yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini disajikan dalam filter hitam putih untuk membangkitkan nuansa jaman dahulu yang kental. Secara tak langsung, efek hitam putih tersebut juga menyensor adegan sadis yang ada dalam film tersebut.

5. Downfall (2004)

Film tentang perang dunia kedua satu ini cocok untuk menutup serangkai film yang telah kamu tonton di atas. Downfall menceritakan kisah hari-hari terakhir sang diktator, Adolf Hitler, di dalam bunkernya di Jerman. Dibintangi oleh Bruno Granz, film bernuansa suram ini disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel. Dibuat serealistis mungkin, film ini dibawakan dalam bahasa Jerman.

Suasana mencekam dan kengerian dalam film ini terlihat cukup nyata dan sanggup membuat bulu kuduk merinding. Kisahnya yang dibawakan pun nyaris akurat dengan kejadian sesungguhnya pada hari-hari terakhir Hitler di bunkernya tersebut. 

Itu tadi beberapa rekomendasi film tentang perang dunia kedua yang patut kamu tonton!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.