Review Film Parasite 2019 – Drama Korea Original yang Menegangkan

Film Parasite merupakan salah satu film drama yang digadang-gadang sebagai salah satu yang terbaik di tahun 2019 ini. Film yang disutradarai oleh Bong Joon-ho telah berhasil memenangkan penghargaan bergengsi di festival film Cannes yaitu Palme d’Or, penghargaan paling tinggi pada festival tersebut. Dibintangi oleh Kang-Ho Song, Lee Sun Gyu, dan Ki-Woo, film ini menyajikan cerita dua keluarga yang jauh berbeda secara status sosial. 

Banyak yang susah mendefinisikan film Parasite. Secara garis besar, film ini termasuk dalam genre misteri thriller. Namun terdapat juga unsur drama dan komedi satire dalam film satu ini. Berikut review film Parasite yang patut anda simak!

Sinopsis Film Parasite

film-parasite-1

Kim Ki Taek adalah seorang ayah dari keluarga miskin dengan dua anak yang sudah dewasa dan seorang istri. Mereka semua tinggal di pemukiman kumuh, tepat di tempat sewa bawah tanah yang jauh dari kata layak. Mereka mengandalkan pendapatan hanya melalui pekerjaan melipat kardus pizza. Hingga suatu hari, kesempatan besar pun hadir dalam kehidupan keluarga mereka melalui sang anak laki-laki. 

Ki-woo mendapatkan tawaran pekerjaan untuk menjadi guru bahasa Inggris private bagi anak keluarga kaya. Kesempatan tersebut pun menjadi “pintu gerbang” bagi keluarga Kim untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. 

Ide dan Pengembangan Cerita yang Bertahap Namun Gila

Film ini memiliki ide cerita yang original dan dibangun secara bertahap dengan rapi. Setidaknya pada 1 jam pertama. Setiap langkah yang diambil oleh keluarga Kim  dalam kisah ini terbentuk bagai penampilan musik orkestra yang diawali dengan kebohongan kecil yang berkembang semakin besar namun dengan perencanaan yang brilian. 

Setelah adegan mengejutkan pertama dalam 1 jam pertama, film ini mulai berkembang menjadi kisah yang lebih gila dan “berantakan” dalam artian yang baik. Setelah itu kembali ke fase tenang setelah badai dengan akhir cerita yang memiliki muatan pesan moral. 

Film ini segila yang kamu bayangkan. Sebetulnya hanya memiliki kisah yang unik bertema drama kriminal dengan sentuhan thriller dan komedi satir. Jika kamu menyukai film drama dengan banyak plot twist, kamu bisa mencoba menonton film Parasite. 

Pengarangan Karakter yang Stereotipikal dan Tegas

film-parasite-3

Ada banyak karakter yang ditampilkan dengan kepribadian kuat dalam kisah satu ini. Terutama setiap anggota keluarga Kim yang memiliki bakat dalam menipu keluarga Park. Tuan Park dan istrinya pun merupakan representasi yang tepat untuk menggambarkan sebuah keluarga kaya yang high maintenance. Sementara keluarga Kim merupakan tipikal keluarga miskin yang akan melakukan apa pun untuk menghidupi keluarga. 

Semua karakter memiliki porsi yang pas dan realistis. Sebetulnya tidak ada yang terlalu salah dan terlalu benar, setiap orang memiliki sisi gelapnya masing-masing. 

Kental Dengan Isu Kesenjangan Sosial

film-parasite-4

Film selalu bisa menjadi media untuk membagikan pesan atau fenomena tertentu yang sedang terjadi di masyarakat. Isu kesenjangan sosial merupakan salah satu isu yang tidak terlalu banyak disoroti secara global. Karena hal tersebut tidak pernah terasa “ada”, namun melalui film Parasite, kita bisa melihat isu tersebut dibandingkan dalam satu layar yang sama. Hal ini pastinya akan membuat mata penonton terbuka akan kesenjangan ini. 

Tak hanya menyuguhkan kisah thriller yang “gila” dan menegangkan untuk kebutuhan hiburan, film ini juga memuat isu sosial. Menurut saya, film ini menang bukan karena penghargaan Palme d’Or di Cannes bukan karena plot twist brilian dan pengembangan ceritanya yang menegangkan. Film Parasite memiliki nilai sosial yang relevan dalam, hal ini yang biasanya menjadi tolak ukur dari para kritikus film, ketika film dapat relevan dengan masyarakat luas dan membuat mata penonton terbuka.

Produksi Film yang Mendukung Visual Film

Tak hanya memiliki modal ide dan pengembangan cerita yang menarik, film Parasite juga didukung oleh produksi yang maksimal. Mulai dari latar syuting di rumah mewah dengan latar kawasan kumuh yang tampak kontras namun tetap memiliki style yang menyatu dalam sebuah film. Sinematografi dan editing pun dieksekusi dengan sempurna untuk mendukung cerita yang penuh dengan detail dan trik yang akan membuat kita terkejut dengan aksi dari setiap karakter. 

Secara tampilan visual, memang sudah banyak film korea yang memiliki produksi yang berstandar film internasional. Namun, film ini memiliki beberapa unsur unggul dalam produksinya yang juga mendukung ide cerita yang telah sempurna. 

Rating: 10/10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.