Aktor Typecast, Aktor yang Sering Memainkan Peran yang Sama

Aktor typecast adalah julukan bagi pemain film yang sering mendapatkan peran yang sama. Dalam industri film, jenis aktor seperti ini sering dipandang sebelah mata karena dianggap memiliki kemampuan akting yang terbatas pada satu stereotip saja. Menjadi seorang aktor dengan sebutan typecast memang tidak mengurangi penghasilan mereka secara pribadi, namun dalam segi seni, pemain typecast tidak dapat memberikan “rasa” baru dalam karir mereka. 

Banyak pemain typecast di industri Hollywood yang sampai sekarang masih laku membintangi berbagai film. Namun, apakah itu cukup? Berikut beberapa aktor yang masuk dalam kategori typecast. 

1. Johnny Depp 

Aktor yang terkenal sebagai Captain Jack Sparrow satu ini merupakan aktor typecast paling ikonik. Ia selalu mendapatkan peran sebagai laki-laki eksentrik yang aneh. Berbagai film yang pernah ia mainkan dengan peran yang serupa di antaranya adalah Charlie and the Chocolate Factory (2005), Alice in Wonderland (2010), Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007), Dark Shadow (2012), dan Edward Scissorhands. Baru-baru ini aktor berusia 56 tahun ini juga mendapatkan peran eksentrik lainnya sebagai Gellert Grindelwald dalam sekuel Fantastic Beast. 

2. Benedict Cumberbatch

Aktor berbakat berikutnya yang sempat dikategorikan sebagai aktor typecast adalah Benedict Cumberbatch. Aktor asal Inggris ini terkenal semenjak penampilannya sebagai detektif Sherlock Holmes dalam serial televisi BBC, Sherlock. Melalui perannya tersebut, Benedict jadi sering mendapatkan peran sebagai pria jenius. Mulai dari Khan dalam film Star Trek: Into Darkness, The Imitation Game, bahkan ia juga bermain sebagai salah satu superhero yang jenius dalam MCU sebagai Doctor Strange. Namun, label pemain typecast tidak terlalu melekat dengannya lagi ketika ia mulai mengambil berbagai peran yang variatif. Seperti William Bulger dalam film Black Mass dan serial televisi, Patrick Melrose. 

3. Jim Carrey

Jim Carrey juga tidak boleh dilupakan dalam daftar aktor typecast. Ciri khas yang melekat dari aktor 57 tahun ini adalah bermain sebagai pria konyol. Beberapa film yang pernah ia mainkan dengan jenis karakter yang sama di antaranya, The Mask (1994), Ace Ventura (1994), Dumb and Dumber (1994), Yes Man (2008), dan masih banyak lagi. Jim Carrey juga akan mendapatkan peran typecast lagi dalam film terbarunya, Sonic the Hedgehog sebagai Doctor Eggman yang akan rilis pada tahun 2020 mendatang.

4. Helena Bonham Carter

Menjadi istri seorang sutradara eksentrik, Tim Burton, memang membuat Helena selalu mendapatkan peran dalam film garapan suaminya. Namun, sayangnya ia selalu mendapatkan peran dengan karakter yang sama, yaitu wanita dengan sifat eksentrik yang rata-rata kejam. Mulai dari film Alice in Wonderland (2010), Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007), dan Dark Shadows (2012). Ia juga sempat menjadi ibu peri eksentrik dalam film Cinderella (2015) live action. Peran wanita eksentrik jahat satu lagi yang pernah ia mainkan adalah Bellatrix dalam sekuel Harry Potter. 

5. Morgan Freeman

Pria berusia 82 tahun ini juga termasuk sebagai aktor typecast senior. Pembawaannya yang karismatik dan bersuara dalam, selalu membuatnya mendapatkan peran sebagai orang tua yang bijak. Mulai dari film The Shawshank Redemption (1994), Seven (1995), Lucy (2014), Wanted (2008), dan masih banyak lagi. Ia juga sempat mendapatkan peran sebagai Tuhan dalam film Bruce Almighty (2003) dan Evan Almighty (2007). 

6. Dwayne Johnson

Mengawali karirnya sebagai pegulat dalam acara gulat settingan, WWE, sebagai The Rock, image pria tangguh melekat pada aktor Dwayne Johnson. Hal tersebut pun membentuk dirinya sebagai salah aktor typecast yang selalu memainkan peran yang sama dalam film-film action komedi. Mulai dari Tooth Fairy (2010), The Game Plan (2007), Central Intelligence (2016), dan Jumanji (2017). Adapun sederet filmografi lainnya dari Dwayne Johnson, namun hampir semuanya merupakan film dengan genre action di mana ia bermain sebagai pria yang tangguh.

7. Jennifer Aniston 

Aktris yang terkenal melalui sitcom Friends satu ini juga terkenal sebagai aktris typecast. Jennifer Aniston terkenal memainkan peran sebagai wanita di film-film romantis komedi yang standard. Mulai dari Just Go With It (2011), The Break Up (2006), Love Happens (2009), Rumor Has It (2005), dan Along Came Polly (2004). Aktris ini hanya bermain pada film-film komedi atau drama yang tidak menunjukan kemampuan aktingnya lebih dari seorang wanita biasa dalam sebuah film. 

8.  Angelina Jolie 

Mantan istri dari aktor Brad Pitt satu ini juga sering mendapatkan peran yang nyaris sama. Angelina Jolie sering mendapat peran sebagai agen rahasia wanita yang cerdik dan mempesona. Mulai dari Mr. & Mrs. Smith (2005), Wanted (2008), Salt (2010), dan The Tourist (2010). Ia juga terkenal dengan salah satu peran ikoniknya sebagai Lara Croft dalam film Lara Croft: Tomb Raider (2001). Meski juga pernah bermain sebagai Maleficent dan remaja dengan gangguan jiwa dalam film Girl, Interrupted (1999), Angelina Jolie selalu tampil dengan persona yang sama dalam setiap film. 

9. Julia Roberts

Aktor typecast berikutnya adalah aktris senior, Julia Roberts. Aktris 51 tahun ini juga selalu bermain di film dengan genre yang sama, yaitu film romantis. Mulai dari Pretty Woman (1990), Notting Hill (1999), My Best Friend’s Wedding (1997), Runaway Bride (1999), hingga film romantis yang mengambil lokasi di Bali, Eat, Pray, Love (2010). 

10. Sandra Bullock 

Sandra Bullock juga selalu memainkan peran yang sama sebagai wanita dengan karakter kuat dan pemberani. Meski bermain dalam berbagai jenis film, aktris satu ini selalu menunjukan persona yang sama dalam setiap film. Mulai dari The Proposal (2009), The Blind Side (2009), Miss Congeniality (2000), Bird Box (2018), dan masih banyak lagi. Semua film ini memang dari berbagai genre, namun jika kamu coba menonton setiap film, semua karakter yang ia mainkan hampir memiliki sifat yang sama, hanya saja sedang menghadapi jalan cerita yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.