Film Seperti Black Swan Tentang Ambisi

Black Swan merupakan film karya sutradara ternama, Darren Aronofsky pada tahun 2010. Dibintangi oleh Natalie Portman, film ini bercerita tentang seorang gadis bernama Nina, balerina yang berambisi untuk mendapatkan peran utama dalam penampilan balet terkenal, “Swan Lake”. Nina memang memiliki kepribadian polos yang sesuai untuk menarikan karakter white swan, namun ia kurang menggoda dan berani untuk menarikan karakter black swan yang jahat. 

film-seperti-black-swan-1

Film Black Swan memiliki genre drama misteri dengan sentuhan psikologi yang akan membuat kamu mempertanyakan antara realita dan ilusi. Natalie Portman sebagai bintang utama dalam film ini berhasil membawakan peran Nina dan memenangkan penghargaan Oscar sebagai Best Actress. Darren Aronofsky terkenal dengan berbagai karya filmnya yang mengandung konten suram, vulgar, dan terlalu depresif untuk ditonton dua kali. Mulai dari Requiem for A Dream (2000), Jackie (2016), Mother! (2017), dan masih banyak lagi. 

Jika kamu sudah menonton Black Swan dan ingin menonton lebih banyak lagi film serupa, berikut beberapa rekomendasi film seperti Black Swan yang bisa kamu tonton.

1. Whiplash (2014)

Whiplash-5547.cr2

Whiplash merupakan film salah satu film terbaik pada tahun 2014. Disutradarai oleh Damien Chazelle yang juga merupakan sutradara dari film La La Land (2018), film ini juga bertemakan musik. Andrew Neiman, yang diperankan oleh Miles Teller, adalah seorang drummer di sebuah konservatori musik jazz. Awalnya Miles hanya ingin masuk dalam kelas Terence Fletcher (J.K. Simmons), seorang konduktor band jazz paling terkenal dengan metode latihannya yang keras. Namun, setelah Miller berhasil masuk group yang dipimpin Fletcher, ia semakin berambisi untuk menjadi drummer profesional.

Film ini memiliki beberapa unsur yang sama dengan film Black Swan. Mulai dari pengembangan ambisi karakter dalam meraih impiannya, hingga kegilaan yang terjadi dalam psikologi sang pemeran utama. Whiplash memiliki sinematografi dan musik yang akan memanjakan kamu yang mengaku penggemar seni. Pengembangan ceritanya pun rapi dan akan membuat kamu terpukau pada adegan penutup. 

2. Cam (2018)

Cam merupakan film seperti Black Swan berikutnya dalam daftar ini. Bercerita tentang Lola (Madeline Brewer), seorang content creator di situs dewasa yang berambisi untuk mendapatkan peringkat tertinggi. Akhirnya Lola memutuskan untuk melanggar aturannya sendiri. Tidak semakin membaik, akun Lola justru diretas oleh seorang wanita yang memiliki penampilan fisik sama persis dengan dirinya. Berusaha mendapatkan akunnya kembali, popularitas yang selama ini Lola bangun menjadi taruhannya. 

Mungkin awalnya kamu akan memandang sebelah film ini sebagai film thriller dengan bumbu konten vulgar yang murahan. Lebih dari itu, Cam berhasil membangun genre suspense yang benar-benar menegangkan dari awal hingga akhir cerita. Pemilihan bintang utama, Madeline Brewer, didukung dengan penciptaan karakter yang menarik. Lola tidak hanya perempuan nakal yang membuat konten dewasa, namun juga pandai dalam menghadapi situasinya dan memiliki prinsip. 

3. Neon Demon (2016)

Definisi tepat untuk film satu ini adalah fashion film. Neon Demon merupakan film dengan sentuhan visual, audio, fashion, dan horor yang original. Bercerita tentang Jesse, seorang model muda yang dengan mudah menanjaki tangga kesuksesan karena wajahnya yang rupawan. Jesse meman memiliki penampilan yang lembut dan polos, namun di dalamnya tersimpan rasa percaya diri dan ambisi yang besar untuk meraih mimpinya sebagai top model. 

Elle Fanning merupakan pilihan yang tepat untuk memerankan bintang utama dalam film ini. Tanpanya, film ini tidak akan berhasil membawakan kisah seorang gadis yang diagungkan bagai dewi. Neon Demon memiliki dialog yang minim sekali, lebih banyak porsi visual dan audio yang menyampaikan cerita secara verbal. Semua unsur tersebut berhasil dibawakan dengan sangat baik dalam setiap frame dalam film ini layaknya sebuah film bertemakan fashion gore. 

4.  Perfect Blue (1998)

film-seperti-black-swan-5

Film seperti Black Swan berikutnya datang dari industri anime Jepang. Perfect Blue karya Satoshi Kon merupakan salah satu film ikonik dalam dunia anime thriller. Bercerita tentang Mima Kirigoe, anggota idol group, CHAM!, yang memutuskan untuk banting setir ke dunia akting dengan image yang lebih dewasa. Peralihan dari seorang idol polos menjadi artis dewasa rupanya tidak semuda yang Mima bayangkan. Ia harus mengalami gejolak batin dan mulai berhalusinasi. 

Tak hanya Mima yang kebingungan, kamu juga akan dibuat bingung saat menonton film ini. Kisah yang dibawakan berhasil membangkitan nuansa suspense dan thriller yang menegangkan. Mirip dengan model halusinasi yang dialami oleh karakter Nina dalam film Black Swan. Pengembangan ceritanya pun bertahap namun pasti. Mulai dari alur cerita yang tampak normal, menuju halusinasi yang semakin menjadi mendekati akhir film. Sekalipun kamu bukan penggemar anime, dijamin kamu akan menikmati film anime satu ini. 

Itu tadi berbagai rekomendasi film seperti Black Swan. Selamat menonton!  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.