5 Rekomendasi Film Bertema Black Komedi

Film bertema black komedi adalah genre yang mengangkat cerita tabu untuk dijadikan bahan bercandaan. Beberapa film black komedi biasanya mengangkat kisah politik yang biasanya memang patut ditertawakan meskipun tidak layak. Atau kisah drama kehidupan yang bersifat tragedi namun dibawakan dengan gaya humor. 

Genre film satu ini memang unik dan masih belum memiliki banyak penggemar. Masih jarang film black komedi yang terkenal dan memiliki nilai komersial. Jika kamu tertarik untuk tertawa dengan materi yang berbeda. Berikut beberapa rekomendasi film bertema black komedi yang bisa kamu tonton. 

1. Parasite (2019)

film-bertema-black-komedi-1

Film satu ini sempat menjadi buah bibir di kalangan pecinta film baru-baru ini. Setelah memenangkan penghargaan Palme d’Or di Cannes Film Festival 2019, film dari Korea Selatan ini menarik banyak perhatian masyarakat. Tak hanya masyarakat Korea, bahkan kritikus sekelas Hollywood juga melirik film ini dan memberikan ulasan positif. 

Banyak orang masih bingung dengan genre dari film ini  karena mengandung berbagai suasana. Mulai dari komedi hingga thriller. Ini dia salah satu contoh film dark komedi yang beruntung menjadi sorotan masyarakat luas. 

Parasite berkisah tentang Boong Joon-ho yang memiliki seorang istri dan dua orang anak. Mereka semua pengangguran. Tinggal di sebuah kamar sewa bawah tanah yang tidak layak huni dan hanya mendapatkan penghasilan dari pekerjaan melihat kardu pizza. Hingga suatu hari, anak laki-laki mendapatkan pekerjaan sebagai guru les untuk anak dari keluarga kaya. 

Film ini memiliki alur cerita yang tidak diduga dan penulisan naskah dan konsep cerita yang sangat original. Belum ada film seperti ini sebelumnya. Penasaran sebetulnya Parasite ini bercerita tentang apa, soh? Kamu wajib menonton salah satu film terbaik 2019 satu ini!

2. What We Do in the Shadows (2014)

film-bertema-black-komedi-2

Satu lagi film bertema black komedi dengan rating tinggi dan dijamin akan mengocok perut kamu, What We Do in the Shadows yang disutradarai oleh Taika Waititi. Ia juga merupakan sutradara dari film Thor milik Marvel Studio. 

What We Do in the Shadows merupakan film dengan genre mockumentary tentang kehidupan sekelompok vampire di New Zealand. Vampire identik dengan image yang tampan, menawan, dan berkelas. Namun, dalam film satu ini, kamu akan dibuat tertawa oleh tingkah laku gang vampire yang tinggal di sebuah rumah using. Perkenalkan Viago, Vladislav, Dickon, Petyr, dan vampire baru, Nick yang juga memiliki kehidupan normal seperti manusia. Mereka juga harus membersihkan rumah, bersosialisasi, dan berusaha membaur dengan kehidupan modern mengingat umur mereka sudah ratusan tahun.

3. The Quiet Family (1998)

Satu lagi film bertema black komedi dari Korea adalah The Quiet Family. Film ini termasuk film klasik dengan rating yang tinggi dan patut kamu tonton jika menyukai genre satu ini. 

Bercerita tentang keluarga Kang yang terdiri dari sepasang suami istri dan tiga anak remajanya. Keluarga tersebut memutuskan untuk pindah dari hiruk pikuk kota Seoul ke pinggiran kota. Mereka kemudian membuka bisnis penginapan untuk menghidupi kebutuhan keluarga. Sayangnya mereka harus mengalami kesialan ketika pengunjung pertamanya bunuh diri di hotel mereka. 

Tak ingin mendapatkan reputasi buruk, mereka sekeluarga pun memutuskan untuk mengubur jasad pengunjung tersebut. Anehnya, setelah kejadian tersebut, setiap pengunjung yang datang ke pengenipan mereka selalu bunuh diri. Keluarga ini juga terus menerus menguburkan jasad mereka. Bagaimana akhir dari kisah satu ini? Kamu bisa coba menonton The Quiet Family.

4. The Death of Stalin (2017)

Film bertema black komedi selanjutnya memiliki unsur sejarah dan politik. The Death of Stalin bercerita tentang kematian Joseph Stalin, seorang diktator setelah masa kejayaan Hitler berakhir. Stalin merupakan pemimpin yang lebih gila dari Hitler, tak hanya membunuh orang tidak berdosa, ia bahkan juga membunuh orang-orang dari kubuhnya karena paranoia yang ia miliki. Hingga suatu hari ia meninggal secara mendadak. Kesempatan ini menimbulkan perebutan tahta di antara empat pria yang duduk di parlemen bersama Stalin. 

Terdapat konflik dan intrik, serta hal -hal serius yang dibawakan secara konyol dalam film ini. Film ini diadaptasi dari kisah sejarah namun dibawakan dengan gaya humor yang akan membuat kamu menertawakan para politikus Uni Soviet dalam film ini. 

5. A Serious Man (2009)

Film black komedi berikut ini bercerita tentang profesor matematika bernama Larry Gopnik. Ini bukan kisah bahagia, melainkan kisah sengsara Larry dengan kesialan yang bertubi-tubi. Larry merasa sedang kesulitan karena berbagai permasalahan yang muncul dalam keluarga dan pekerjaannya. Sebagai orang Yahudi, Larry pun mengunjungi para Rabbi (pemimpin agama Yahudi) untuk mendapatkan pertolongan. Apakah Larry akan berhasil bertemu dengan Rabbi? 

Film satu ini memiliki banyak kisah tragis dan problematika kehidupan yang tak sepatutnya ditertawakan. Namun, karena penulisan naskah dan produksi filmnya yang berhasil memasukan unsur komedi dalam kisah sengsara Larry, kamu akan sadar ternyata kehidupan ini hanya sebuah “candaan”, bahkan ketika kamu sedang dalam kesulitan. 

Itu tadi berbagai rekomendasi film bertema black komedi yang patut kamu tonton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.